Seluruh Arsip

Merajut Ikatan Hati

Merajut Ikatan Hati

Oleh Sarah Abdurrohmah

Allah SWT menciptakan manusia dengan fitrah yang sama, fitrah mulia, yaitu untuk beriman kepada-Nya. Allah SWT berfirman, ''Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman), 'Bukankah Aku ini Tuhanmu?' Mereka menjawab, 'Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.' (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan, 'Sesungguhnya, ketika itu, kami (Bani Adam) lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)'.'' (QS [7]:172).

Penegasan itu menjadi potensi bagi setiap manusia, tanpa terkecuali, agar senantiasa mengasah fitrahnya. Barang siapa yang berusaha untuk mencapai hidayah-Nya, Allah akan memudahkannya. Sebaliknya, mereka yang hanya menerima saja dan enggan berusaha, ia akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diusahakannya.

Maka, beruntunglah mereka yang selalu mengasah fitrah keimanannya. Dengan bekal keimanan ini, setiap Mukmin dan Mukmin yang lain seharusnya memiliki ikatan batin yang kuat. Ini karena setiap Mukmin berjalan dalam satu jalan yang sama untuk meniti tujuan yang sama, yaitu mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Ikatan hati ini telah Rasulullah SAW gambarkan dalam sebuah hadis. ''Perumpamaan seorang Mukmin dan Mukmin yang lainnya dalam cinta dan kasih sayang mereka bagaikan tubuh yang satu. Apabila salah satu anggota tubuhnya ada yang sakit, seluruh tubuh yang lain merasa sakit dan demam.'' (HR Muslim).

Kita pun diingatkan kepada generasi awal di masa para sahabat. Keyakinan yang mereka pegang menumbuhkan rasa saling mengasihi, tolong-menolong, dan berbagi antarsesama. Mereka menganggap Mukmin yang lainnya seperti saudara sendiri.

Kondisi tersebut tidak mustahil terjadi pada masa kini. Sebab, setiap Mukmin memiliki potensi yang sama untuk mewujudkan rasa kebersamaan. Tinggal bagaimana seseorang mampu mengasah hatinya dan mengaplikasikan keimanannya dengan sebenar-benarnya iman.

Iman mengandung tiga unsur, yaitu meyakini, melafalkan dengan lisan, dan mengamalkannya dengan kerja nyata. Tujuannya agar setiap Mukmin tidak hanya mementingkan diri sendiri, tapi mengharuskannya untuk berbaur saling menolong dan saling menasihati antarsesama dalam kebenaran.

Maka itu, ketika ada yang mengingatkan tindakan salah yang dilakukan, seharusnya terucap kata terima kasih, bukannya cacian atau balas dendam. Masukan sejatinya merupakan luapan rasa sayang yang muncul dari lubuk hati karena setiap Mukmin dan Mukmin lainnya adalah sehati dalam bingkai keimanan.

Amaliah Pascaramadhan

Amaliah Pascaramadhan

Oleh KH Didin Hafidhuddin

Ramadhan yang penuh dengan keberkahan, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT telah berlalu. Amaliah ritual dan sosial yang penuh dengan megabonus, yang merupakan khususiyyah Ramadhan, telah selesai pula dilakukan shaimin dan shaimat.

Mudah-mudahan semuanya berbekas dan berkesan dalam lubuk hati orang-orang beriman yang melakukannya, sehingga mampu meningkatkan kualitas ketakwaannya, baik dalam dataran individual-sosial, maupun dataran vertikal dengan Allah SWT dan horizontal dengan sesama manusia.

Tentu saja dengan berakhirnya Ramadhan, bukan berarti berakhir pula amaliahnya. Ramadhan merupakan bulan latihan dan pendidikan (syahriyyah tarbiyyah) yang hasilnya diaplikasikan pada 11 bulan berikutnya.

Qiyamullail, seperti shalat tahajud, seyogianya berlangsung sepanjang malam, karena shalat ini akan mengantarkan kemuliaan bagi yang melakukannya.
Dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, ''Hendaknya kalian bangun malam (melakukan qiyamullail/tahajud), karena sesungguhnya hal itu sudah menjadi kebiasaan dan kelaziman orang-orang saleh sebelum kalian, sebagai pendekatan diri kepada Allah, dapat mencegah diri dari dosa, dapat melebur kesalahan, dan dapat mengusir penyakit yang ada pada tubuh kita.''

Kesungguhan memakmurkan masjid seperti dengan meramaikan shalat berjamaah dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya harus pula menjadi agenda utama kaum Muslimin. Karena, dengan seringnya kaum Muslimin ruku dan sujud bersama-sama akan menumbuhkan izzah/kekuatan kaum Muslim (QS Alfath [48]: 29).

Orang yang suka memakmurkan masjid, baik dengan kegiatan ibadah mahdlah maupun kegiatan muamalah adalah orang-orang yang akan selalu dibimbing hidayah Allah SWT dalam kehidupannya. Firman Allah dalam QS Attaubah [9] ayat 18, ''Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.''

Demikian pula semangat berbagi dan memberi kepada orang lain yang membutuhkan, terutama kaum dhuafa, hendaknya dijadikan perilaku keseharian orang-orang beriman. Kecintaan dan kepedulian kepada fakir-miskin, sesungguhnya akan mengundang rezeki dan pertolongan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, ''Sesungguhnya kalian akan mendapatkan rezeki dan pertolongan dari Allah SWT, jika kalian punya kepedulian yang tinggi kepada kaum dhuafa.''

Idul Fitri dan Petunjuk Berserah Diri

Denda dan Qadha' Puasa bagi Wanita


Bila lupa, tidak disengaja atau takut dimarahi suami, tidak wajib membayar kifarat dan meng-qadha' puasa.

Halangan puasa Ramadhan bagi wanita memang beragam. Baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Di antara halangan yang tidak disengaja adalah datang bulan atau haid, melahirkan anak, menyusui anak dan lainnya. Tapi, ada pula halangan yang disengaja dilakukan saat puasa di bulan suci.

Misalnya bersetubuh di siang hari dengan suaminya. Ada pandangan bahwa baik si lelaki dan wanita wajib meng-qadha' puasanya dan membayar kifarat (denda) apabila rela dan menghendaki persetubuhan. Meski demikian, kalau tidak disengaja, atau dipaksa, atau karena takut suaminya marah, atau yang lainnya, maka qadha' dan kifarat tidaklah wajib bagi si wanita.

Dalam kaitan ini, masih ada beda pendapat di kalangan ulama dan ahli agama. Imam Syafi'i menyatakan, wanita tidak wajib membayar kifarat sama sekali, meski ia melakukan persetubuhan dengan kehendak sendiri atau dipaksa. Dia hanya wajib meng-qadha saja.

Hal ini dipertegas oleh Imam Nawawi, yang menyimpulkan bahwa kifarat lebih tepat dikenakan pada lelaki, sebanyak satu kali dan untuk dirinya saja. Di sini, tidak ada kewajiban kifarat bagi wanita. Imam Nawawi menjelaskan, ''Wanita memang tidak wajib membayar kifarat, karena kifarat itu hak harta khusus karena persetubuhan, yang tentunya menjadi kewajiban lelaki seperti halnya maskawin, bukan kewajiban wanita.''

Pada bagian lain, Abu Daud menceritakan, Imam Ahmad pernah ditanya tentang seseorang yang bersetubuh dengan istrinya di siang hari di bulan Ramadhan, apakah sang istri wajib membayar kifarat? ''Kami tak pernah mendengar bahwa wanita itu wajib membayar kifarat,'' demikian jawab Imam Ahmad.

Sementara Ibrahim Muhammad al Jamal dalam buku Fiqih Wanita berpendapat bila wanita juga menghendaki persetubuhan itu, maka wajib baginya meng-qadha puasa sekaligus membayar kifarat. Berbeda misalnya jika ia lupa, tidak disengaja atau takut dimarahi suaminya, maka qadha pun tidak wajib.

Lain halnya dengan hukum makan dan minum dengan sengaja di siang hari saat bulan Ramadhan. Semua bersepakat. Hal yang demikian, baik wanita maupun lelaki, bukan hanya wajib meng-qadha' tapi juga membayar kifarat. Lain halnya dengan makan dan minum yang tidak disengaja, maka tidak wajib meng-qadha' dan membayar kifarat.

Dalam pandangan para ulama mazhab Hanafi, semua makanan dan obat-obatan dan apa saja yang berguna bagi tubuh, disukai oleh perasaan dan dapat memenuhi syahwat perut, bila dimakan dengan sengaja, bukan karena lupa atau dipaksa, semua itu mewajibkan qadha' dan kifarat.

Puasa dua bulan

Bahkan, para ulama Maliki mengatakan, kifarat wajib dilakukan oleh siapa pun yang sengaja membatalkan puasanya dengan salah satu sebab tadi. Pun jika batalnya itu karena keluar air madzi dengan sengaja, sekalipun tidak wajib membayar kifarat bila keluarnya itu karena lupa atau tak sengaja.

Kifarat di sini adalah hukuman agama yang telah ditentukan Allah SWT, dan diwajibkan atas orang yang melakukan beberapa jenis dosa seperti pembunuhan, melanggar sumpah dan puasa yang dibatalkan secara sengaja, dengan bersetubuh umpamanya.

Ada beberapa ketentuan. Antara lain dengan memerdekakan budak terlebih dahulu. Bila tidak mampu, maka dengan berpuasa dua bulan berturut-turut. Dan bila tidak mampu juga, memberi makan 60 orang miskin berupa makanan yang biasa diberikan kepada keluarga sendiri.

Menurut Ibrahim Muhammad Al-Jamal, untuk memerdekakan budak sudah bukan zamannya lagi. Jadi lebih tepat melaksanakan urutan berikutnya, yaitu puasa dua bulan berturut-turut atau bila tidak mampu, memberi makan kepada 60 orang miskin.Sementara qadha' berarti berpuasa pada hari lain di luar bulan Ramadhan, sebagai ganti dari puasa yang batal di bulan Ramadhan.

Dari penjelasan Saleh Al-Fauzan dalam buku Fiqih Sehari-hari, barangsiapa tidak berpuasa atau membatalkan puasanya di bulan Ramadhan, baik karena dibenarkan syara' atau tidak, seperti bersetubuh atau yang lainnya, maka ia wajib meng-qadha'nya.Hal itu sesuai firman Allah SWT surat Al-Baqarah [2] ayat 184, yang artinya, ''Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain''
. n c81

TAKBIR

TAKBIR

By Republika Newsroom

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangan puasa, dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang telah diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Al Baqarah: 185)

Di puncak ibadah puasa dan lengkapnya bilangan Ramadhan, Allah SWT memerintahkan kepada kaum Muslimin untuk mengagungkan asma-Nya, bertakbir atas petunjuk yang diberikan-Nya serta mensyukuri atas segala nikmat dari-Nya. Ibnu Katsier dalam tafsirnya mengartikan wa li tukabbiru Allaha ala maa hadaa kum dengan mengagungkan Allah atas hidayah dan tuntunan yang diajarkan lewat Rasul kepada manusia. Disunnatkan bertakbir ketika Idul Fitri untuk merayakan hari lulusnya umat Islam dari kewajiban puasa Ramadhan. Secara sosiologis ibadah sunnat ini melembaga dalam bentuk takbiran. Dengan rasa suka kaum muslimin bertakbir dengan pengeras suara di atas becak, truk, atau mobil sambil berkeliling kota. Takbir dalam Islam dapat dipandang sebagai ruh ibadah. Dalam salat di setiap perubahan gerak diawali dengan takbir. Ketika salat jamaah, maka takbir adalah komando bagi makmum untuk segera mengikuti gerakan imam salat. Paling tidak 85 kali sehari kaum Muslimin bertakbir mengagungkan asma Allah.

Takbir adalah sebuah al-ikrar suatu deklarasi ketundukan ego manusia pada kekuatan Mahabesar yang ada di luar diri mereka, ketaklukan pada sesuatu yang mendominasi hidup dan kehidupan mereka. Takbir adalah pengakuan jujur ketidak-berdayaan makhluk yang lemah kepada Khaliknya. Sekaligus pertanda kepasrahan diri manusia muslim kepada Rabb mereka. Maka dalam titik relijiusitas itu, manusia muslim sadar bahwa dalam kosmos yang tak terbatas ini dirinya sangat kecil. Diri manusia ibarat sebuah sel dalam tumbuhan raksasa. Dia hanya sebutir debu di tengah kabut galaksi Bima Sakti. Dia hanya seorang aktor dalam panggung nasib yang telah direkayasa Sang Sutradara Agung. Dia hanya seorang hamba yang terikat dan telah ber-syahadah untuk menjalankan seluruh perintah Allah.

Karenanya getaran takbir adalah obat mujarab untuk membersihkan karat-karat kepongahan jiwa. Air jernih yang mengguyur hati dan memunculkan kesegaran spiritual-transendental. Membunuh arogansi dan menyuburkan sikap tawadlu. Menjadi wajar kalau takbir menuntut dikumandangkan dengan kesiapan dan kesungguhan batin. Dan puncak semua kesadaran itu adalah terjadinya transformasi imam pada dimensi kasat mata. Batu uji empiris jiwa yang bertakbir adalah 'amal bil arkan.

Maka adalah absurd kalau takbir tak pernah memunculkan refleksi sosiologis. Adalah dusta belaka kalau kebesaran Allah hanya diwujudkan dalam kata-kata dan sekedar kata-kata. Padahal takbir menuntut diperdengarkan dalam bentuknya yang utuh, yakni amal nyata menegakkan dienullah dalam diri, keluarga dan masyarakat. Sangat besar kemurkaan Allah bagi mereka yang menyatakan apa yang tidak diperbuatnya (Q.S. 61:3). Dalam penghujung Ramadhan ini marilah kita bersiap diri untuk bertakbir dengan segenap totalitas maknanya. Wallahu 'alam bishawab.

: TAKBIR

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangan puasa, dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang telah diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Al Baqarah: 185)

Di puncak ibadah puasa dan lengkapnya bilangan Ramadhan, Allah SWT memerintahkan kepada kaum Muslimin untuk mengagungkan asma-Nya, bertakbir atas petunjuk yang diberikan-Nya serta mensyukuri atas segala nikmat dari-Nya. Ibnu Katsier dalam tafsirnya mengartikan wa li tukabbiru Allaha ala maa hadaa kum dengan mengagungkan Allah atas hidayah dan tuntunan yang diajarkan lewat Rasul kepada manusia. Disunnatkan bertakbir ketika Idul Fitri untuk merayakan hari lulusnya umat Islam dari kewajiban puasa Ramadhan. Secara sosiologis ibadah sunnat ini melembaga dalam bentuk takbiran. Dengan rasa suka kaum muslimin bertakbir dengan pengeras suara di atas becak, truk, atau mobil sambil berkeliling kota. Takbir dalam Islam dapat dipandang sebagai ruh ibadah. Dalam salat di setiap perubahan gerak diawali dengan takbir. Ketika salat jamaah, maka takbir adalah komando bagi makmum untuk segera mengikuti gerakan imam salat. Paling tidak 85 kali sehari kaum Muslimin bertakbir mengagungkan asma Allah.

Takbir adalah sebuah al-ikrar suatu deklarasi ketundukan ego manusia pada kekuatan Mahabesar yang ada di luar diri mereka, ketaklukan pada sesuatu yang mendominasi hidup dan kehidupan mereka. Takbir adalah pengakuan jujur ketidak-berdayaan makhluk yang lemah kepada Khaliknya. Sekaligus pertanda kepasrahan diri manusia muslim kepada Rabb mereka. Maka dalam titik relijiusitas itu, manusia muslim sadar bahwa dalam kosmos yang tak terbatas ini dirinya sangat kecil. Diri manusia ibarat sebuah sel dalam tumbuhan raksasa. Dia hanya sebutir debu di tengah kabut galaksi Bima Sakti. Dia hanya seorang aktor dalam panggung nasib yang telah direkayasa Sang Sutradara Agung. Dia hanya seorang hamba yang terikat dan telah ber-syahadah untuk menjalankan seluruh perintah Allah.

Karenanya getaran takbir adalah obat mujarab untuk membersihkan karat-karat kepongahan jiwa. Air jernih yang mengguyur hati dan memunculkan kesegaran spiritual-transendental. Membunuh arogansi dan menyuburkan sikap tawadlu. Menjadi wajar kalau takbir menuntut dikumandangkan dengan kesiapan dan kesungguhan batin. Dan puncak semua kesadaran itu adalah terjadinya transformasi imam pada dimensi kasat mata. Batu uji empiris jiwa yang bertakbir adalah 'amal bil arkan.

TAKBIR

Maka adalah absurd kalau takbir tak pernah memunculkan refleksi sosiologis. Adalah dusta belaka kalau kebesaran Allah hanya diwujudkan dalam kata-kata dan sekedar kata-kata. Padahal takbir menuntut diperdengarkan dalam bentuknya yang utuh, yakni amal nyata menegakkan dienullah dalam diri, keluarga dan masyarakat. Sangat besar kemurkaan Allah bagi mereka yang menyatakan apa yang tidak diperbuatnya (Q.S. 61:3). Dalam penghujung Ramadhan ini marilah kita bersiap diri untuk bertakbir dengan segenap totalitas maknanya. Wallahu 'alam bishawab.

Memotong Mata Rantai Kemiskinan

Memotong Mata Rantai Kemiskinan

Oleh KH Didin Hafidhuddin

Bulan Ramadhan di samping disebut sebagai bulan Alquran (syahrul Quran) sering pula disebut bulan zakat atau syahruz zakat. Karena banyak umat Islam yang mengeluarkan zakat hartanya di bulan Ramadhan ini dengan mengharap keberkahan. Meskipun sebenarnya zakat yang terkait bulan Ramadhan hanyalah zakat fitrah.

Zakat maal maupun zakat fitrah memiliki tujuan sangat mulia. Di samping menyucikan dan memberkahkan harta muzakki (pembayar zakat), juga meningkatkan kesejahteraan mustahiq (penerima zakat) agar terpenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, kesehatan, serta pendidikannya. Ini sangat penting supaya kemiskinan tak terwariskan kepada keturunannya.

Zakat sesungguhnya mempunyai fungsi memotong rantai kemiskinan, antara lain, melalui zakat yang bersifat produktif (ibarat memberikan kail dan cara mengailnya), di samping yang bersifat konsumtif, terutama kepada mereka yang tak mampu bekerja.

Hanya yang perlu disadari, peran zakat tidak mungkin terimplementasikan dengan baik dan optimal, kalau zakat itu diserahkan langsung dari muzakki kepada mustahiq, sebagaimana seperti sekarang ini.

Muzakki mengumpulkan para mustahiq di depan rumahnya. Kadangkala berjumlah ribuan dalam keadaan berdesak-desakan. Bahkan, kerap kali menimbulkan korban jiwa. Cara-cara ini tidak sesuai petunjuk Alquran dan hadis, di samping tak sesuai hikmah dan tujuan zakat itu sendiri.

Dalam Alquran surat Attaubah [9] ayat 60 dan 103 dikemukakan secara tegas, zakat itu harus disalurkan melalui amil zakat. Mereka menerima atau mengambil zakat dari para muzakki lalu mendistribusikannya kepada para mustahiq.

Para amil mendistribukan zakat sesuai kondisi dan kebutuhan dari para mustahiq. Jika para mustahiq adalah pelajar atau mahasiswa, mereka diberi donasi sesuai kebutuhannya.

Jika mustahiq itu petani, mereka diberi dana zakat untuk memenuhi kebutuhan pertanian mereka. Dan, jika mustahiq itu orang-orang yang sehat jasmani, tapi belum memiliki penghasilan tetap, diberikan pelatihan, lalu diberi modal awal bagi usaha mereka. Masih banyak contoh lainnya.

Para muzakki harus merasa benar-benar yakin, zakat melalui amil akan disalurkan secara baik sesuai ketentuan syariah dan aspek-aspek manajerial. Jika ini berjalan, zakat akan benar-benar memiliki fungsi meminimalisasi angka kemiskinan.

Potensi zakat kita cukup besar, mencapai Rp 19,3 triliun setiap tahunnya. Potensi yang sangat luar biasa yang jika diaktualisasikan, umat Islam dan bangsa Indonesia akan mampu meningkatkan kualitas dirinya, baik fisik-material maupun mental-spiritual, yang akan berujung pada kesejahteraan hakiki, masa kini maupun akan datang.

Miskin karena Bersedekah?

Miskin karena Bersedekah?

Tidak ada alasan bagi orang beriman untuk enggan bersedekah. Sebab, kendati terasakan berat, bersedekah merupakan ciri paling kentara dari keimanan yang sahih. Untuk bersedekah, seseorang harus mampu mengalahkan perasaan owel (rasa kepemilikan) karena mengikhlaskan sebagian rezekinya untuk pihak lain. Jika tidak karena adanya keyakinan yang mantap atau harapan keuntungan yang kekal di akhirat kelak, sungguh seseorang akan enggan bersedekah.

Berbeda dengan amalan lain sebagai ciri keimanan yang sahih seperti shalat dan puasa. Pada kedua amalan yang lebih bersifat individual ini tidak perlu ada rasa bekorban kepemilikan, cukup dengan bekorban waktu selain kemauan. Untuk bersedekah ini sungguh terasakan lebih berat sehingga akan lebih jarang diamalkan dibandingkan dengan shalat dan puasa. Oleh karena itu, sekalipun seseorang sudah menjalankan shalat dan puasa tetap perlu dipertanyakan keimanan sahihnya jika yang bersangkutan masih tetap enggan bersedekah.

Dalam sejarah Islam kita kenal Fatimah Az-Zahra ra yang ikhlas bersedekah seuntai kalung warisan kepada musafir yang kehabisan bekal dan tiga hari tidak makan karena tidak ada lagi barang yang layak dijual. Dengan kalung tadi si musafir menjadi cukup bekal setelah menjualnya kepada Abdurrahman bin Auf ra.

Tetapi, begitu mengetahui keikhlasan Fatimah dalam bersedekah, segera Abdurrahman menghadiahkan kalung tadi kepada Nabi saw, ayahanda Fatimah, pemilik awalnya. Bisa ditebak, akhirnya kalung itu pun kembali ke tangan Fatimah setelah melewati tiga orang sebagai hadiah dan tercatat sebagai amalan sedekah.

Sungguh, bersedekah secara ikhlas akan mendapatkan ganti. Ini tidak saja ada dalam tarikh terdahulu. Dalam kehidupan nyata di lingkungan kita pun demikian halnya. Orang yang banyak bersedekah justru rezekinya melimpah, kehormatannya tinggi, dan harta kepemilikannya diakui bahkan dijaga keselamatannya oleh orang lain.

Agaknya belum pernah tercatat orang yang banyak bersedekah berakibat miskin. Sungguh dengan bersedekah kekayaannya bertambah, berlipat. Ibarat orang mendapat mangga, maka yang dimakan cukup dagingnya sedangkan bijinya harus disisihkan, ditanam hingga kelak akan menjadi pohon yang berlipat-lipat buahnya.

Untuk bersedekah, tidak ada ketentuan jenis barangnya (QS 2:267), tidak juga ditentukan jumlahnya (QS 3:134), tidak pula sasaran penggunaannya (QS 2:215). Artinya, benar-benar terserah sesuai kondisi orangnya. Itu jika bersedekah harta. Bagaimana jika kita kekurangan harta benda?

Hadis Nabi riwayat Bukhari-Muslim menyebutkan bahwa bisa juga bersedekah tanpa materi. Berzikir, berdakwah, mendamaikan perseteruan, berkata yang baik, membuang duri dari jalanan, membawakan beban orang lain, bahkan tersenyum pun bisa bermakna sedekah. Masihkah kita enggan bersedekah setelah kita mengaku beriman sahih? Wallahu a'lam bish shawab.

Mandi Malam Bikin Rematik?

Jangan mandi malam, nanti bisa kena rematik, Kalau bisa hindari mandi malam, nanti sakit tulang. Petuah-petuah itu kerap kita dengar. Berkembang anggapan di masyarakat mandi saat malam hari dapat menyebabkan rematik atau nyeri persendian, benarkah demikian?

secara medis mandi saat malam hari tidak menyebabkan nyeri pada persendian. Anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat semata.

"Berangkat dari pengalaman orang, kalau terpapar dengan temperatur dingin rasa nyeri akan bertambah. Padahal tidak begitu,"anggapan tersebut kok dapat berkembang di masyarakat. Pasalnya hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan masyarakat yang tinggal di daerah kutub utara yang terkena nyeri tulang akibat temperatur yang dingin.

nyeri pada tulang lebih disebabkan dengan gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga. Dan bagaimana ia menggunakan persendiannya.

 masyarakat mesti tetap memperhatikan kondisi badan saat mandi malam. Jika kondisi badan tidak dalam keadaan bagus, sebaiknya tidak mandi malam.

saat mandi malam, perhatikan juga suhu air yang digunakan. Pasalnya, air yang terlalu dingin dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. "Tak ada salahnya menggunakan air hangat jika suhu air terlalu dingin. Jangan terlalu ekstrim suhunya,

suhu air yang dapat diterima tubuh maksimal berbeda lima derajat celcius dengan suhu tubuh. "Suhu tubuh normal itu 36 derajat celcius, sehingga suhu air yang dapat diterima antara 29-30 derajat celcius,

TAUBAT

Catatan Indrawati Ira


Taubat adalah terminal (makam) pertama, karena segala bentuk ibadah baru diterima Allah jika didahului dengan bertaubat dan Allah sangat menyukai hambanya yang bertubat.
Allah memerintahkan setiap mukmin untuk bertaubat, seperti disebutkan dalam firman-Nya :
"....dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung "
QS. An Nur : 31

Taubat dapat mencuci hitamnya hati, sehingga amal-amal saleh bisa tampak terang dan diterima, karena itu beraubatlah kepada Allah dengan sungguh-sungguh sampai malaikat tersenyum.
Bertaubatlah sampai syetan kesal dan menangisi taubat kita.

Bertaubatlah sampai mengangkat derajat kita dan meninggikan tempat kita di sisi Allah.
Mohonlah kepada Allah taubat nasuha, seperti yang Allah perintahkan dalam Al-Qur'an :
" Wahai orang-orang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya (nasuha). mudah-mudahan Tuhan menghapus dosa-dosa kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai " QS. Al-Tahrim : 8

Taubat nasuha adalah taubat yang tulus kepada Allah, bersih dari segala kotoran dan disertai dengan rasa penyesalan yang mendalam.

Bila ada dari kita yang merasa sudah terlalu banyak melakukan dosa, jangan sampai keputusasaan menghantui dan kemudian berfikir, bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa-dosa kita, karena Allah melarang sikap putus asa dan Allah selalu membuka pintu harapan dan memberikan kesempatan untuk bertaubat.

Allah berfirman :
" Katakan, wahai para hamba-Ku yang telah melampaui batas, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah berkenan mengampuni semua dosa. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. " QS. Al-Zumar : 53

Ketahuilah, Allah mencintai orang-orang yang bertaubat, mencintai orang-orang yang kembali kepada-Nya dan mencintai orang-orang yang memohon ampun kepada-Nya, mencintai orang-orang yang merendahkan diri di hadapan-Nya.

Usahanlah untuk senantiasa selalu tafakur sepanjang hidup kita.
Tidak ada majelis bersama Allah yang paling bermanfaat bagi kita selain majelis tempat kita menyesali diri.
Sesalilah diri kita dengan jujur disertai hati yang sedih, kecewa dan perasaan hina.
Apabila itu dilakukan, InsyaAllah, allah akan mengganti kesedihan dengan keceriaan, kehinaan dengan kemuliaan, kegelapan dengan cahaya, ketertutupan dengan ketersingkapan (kasyf).

Marilah bertobat kepada Allah dan bersimpuh kepada-Nya dengan penuh insyaf dan rasa penyesalan, percayalah siapa yang terus menerus mengetuk pintu Allah. Niscaya Allah membukakan pintu tersebut.

Tanda untuk mengetahui apakah taubat kita diterima atau tidak adalah tandanya kita akan merasa lapang ketika melakukan ketaatan serta hati lebih cenderung pada akhirat, maka bergembiralah dan bersyukurlah kepada Allah atas karunia-Nya.

Adapun tanda dari taubat yang belum diterima ialah, bila kita masih menikmati maksiat dan masih merasa senang melakukan-Nya, maka minta tolonglah pada Allah dan berdoalah :
" Wahai tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni dan tidak menyayangi kami, pastilah kami termasuk golongan orang-orang yang merugi. " QS. Al-A'raf : 23

Dalam mengibaratkan kesenangan Allah terhadap taubat hamba-Nya, rasulullah saw bersabda :
Allah lebih senang sengan taubat hamba-Nya daripada seorang yang kehilangan hewan kendaraannya di tanah yang gersang dan tandus, padahal di kendaraannya itu terdapat semua bekal dan perangkat berlindungnya (seperti tenda).
Sehingga ia putus asa untuk mendapatkannya. Ia tidur di bawah pohon menunggu kematianya dan ketika ia bangun ia melihat hewan kendaraannya telah terikat dengan tali di pohon yang ditidurinya. Allah lebih senang dengan taubat hamba-Nya lebih daripada orang yang menemukan kembali hewan kendaraannya ini (H.R Muslim Ahmad dan ad-Darimi).

Itu semua adalah karena kesenangan, kebaikan dan kelembutan Allah, serta bukan karena Allah membutuhkan taubat hamba-Nya dan mengambil manfaat darinya. Allah senang dengan siapa saja yang beribadah pada-Nya.

Taubat dapat menghilangkan kesedihan, kegelisahan.
Taubat juga bisa mendatangkan kebaikan, keberkahan, mempermudah yang sukar, memperluas rezeki, menjauhkan diri dari azab, menjadikan jiwa penuh kedamaian dan menjadi sarana yang paling mendasar dalam menggapai cinta Illahi.

Ketahuilah jika kita berhasil bertaubat, berarti Allah telah mencintai kita.
Sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
" Sungguh Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan suka membersihkan diri. " QS. Al-Baqarah : 222

Dalam ayat ini Allah memposisikan hamba yang bertaubat sebagai orang yang dicintai.
1. Terbitnya matahari dari barat, sebagai mana sabda Nabi Muhammad saw :
" Sesungguhnya pada taubat ada pintu yang dibentangkan terbuka lebar antara timur dan barat yang tidak akan tertutup sampai matahari terbit dari barat " (Hadis Hasan).
Saat itu adalah pada hari kiamat dan terbitnya matahari dari barat adalah dalah satu tanda hari kiamat.
2. Dalam keadaan sakarat, saat nyawa telah sampai diujung tenggorokan, ketika malaikat mencabut nyawa. Ketentuan ini berdasarkan sabda Rasulullah saw :
" Allah senantiasa menerima taubat hamba-Nya selama nyawa belum sampai pada ujung tengorokannya. "
(HR Tarmidzi, hadist hasan).

Sayyidul Istighfar :
Allahumma anta rabbii,
laa ilaaha illaa anta khalaqtanii,
wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa'ahdika wa wa'dika mastatha'tu,
abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu-ubidzambii,
faghfirlii fa-innahu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta.

" Yaa Allah, Engkau Tuhanku.
Tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku.
Aku adalah hamba-Mu yang terikat dengan sumpah dan janjiku kepada-Mu dan untuk menjalankannya sesuai dengan kesanggupanku.
Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan (kejahatan) perbuatanku.
Aku mengakui ni'mat-Mu atas diriku dan mengakui dosaku, maka ampunilah diriku.
Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni disa-dosa selain Engkau. "
(HR Bukhari dan Nasa'i).

Saudara Serigala

Beruang itu bisa berada di mana saja sekarang ini.

Ayahnya mengerang di sampingnya. Dengan perlahan dia membuka mata lalu menatap anaknya tanpa tanda-tanda mengenali.

Jantung Torak seraya diremas. "Ini-ini aku," dia tergagap. "Bagaimana ayah?"

Ayahnya meringis kesakitan. Pipinya bersemu abu-abu hingga tato di badannya terlihat jelas. Keringat membuat rambut ayahnya yang hitam panjang menempel ke kulit.

Luka ayahnya sangat parah. Ketika Torak dengan menyumbatkan lumut janggut untuk menghentikan pendarahan, dia melihat usus ayahnya berkilau dalam cahaya api. Dia menahan agar tidak muntah. Dia berharap Fa-ayahnya-tidak melihat, tapi dia pasti lihat. Fa seorang pemburu. Fa melihat segalanya.

"Torak…." Ayahnya menghembuskan napas. Tangannya terulur, lalu memegang tangan Torak dengan erat. Torak menelan liur. Seharusnya anak yang memegang erat tangan ayahnya, bukan sebaliknya.

Torak berusaha bersikap seperti orang dewasa. "ada sedikit daun yarrow," ujarnya sambil merogoh kantong obat. "Mungkin ini bisa menghentikan penda-"....

....SELENGKAPNYA>>>Saudara Serigala (Cerita)

.

Sejarah Munculnya Tasawuf dan Sufi

Sejarah Munculnya Tasawuf dan Sufi

Tasawuf (تَصَوُّف) diidentikkan dengan sikap berlebihan dalam beribadah, zuhud dan wara' terhadap dunia. Pelakunya disebut Shufi (selanjutnya ditulis Sufi menurut ejaan yang lazim, red) (صُوْفِيٌّ), dan jamaknya adalah Sufiyyah (صُوْفِيَّةٌ). Istilah ini , shahabat-shahabatnya, dan pararsesungguhnya tidak masyhur di jaman Rasulullah tabi'in. Sebagaimana dikatakan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah: "Adapun lafadz Sufiyyah bukanlah lafadz yang masyhur pada tiga abad pertama Islam. Dan setelah masa itu, penyebutannya menjadi masyhur." (Majmu' Fatawa, 11/5)
Bashrah, sebuah kota di Irak, merupakan tempat kelahiran Tasawuf dan Sufi. Di mana sebagian ahli ibadahnya mulai berlebihan dalam beribadah, zuhud, dan wara' ),rterhadap dunia (dengan cara yang belum pernah dicontohkan oleh Rasulullah hingga akhirnya memilih untuk mengenakan pakaian yang terbuat dari bulu domba (Shuf/صُوْفٌ ).
Meski kelompok ini tidak mewajibkan tarekatnya dengan pakaian semacam itu, namun atas dasar inilah mereka disebut dengan "Sufi", sebagai nisbat kepada Shuf (صُوْفٌ). Jadi, lafadz Sufi bukanlah nisbat kepada Ahlush , karena nisbat kepadanya adalah ShuffirShuffah yang ada di jaman Rasulullah , karenaI(صُفِّيٌ). Bukan pula nisbat kepada shaf terdepan di hadapan Allah nisbat kepadanya adalah Shaffi (صَفِّيٌ).
Demikian juga bukan nisbat kepada makhluk pilihan Allah
الصَّفْوَةُ مِنْ خَلْقِ اللهِ
karena nisbat adalah Shafawi ز(صَفَوِيٌّ) . Dan bukan pula nisbat kepada Shufah bin Bisyr (salah satu suku Arab) meski secara lafadz bisa dibenarkan. Namun secara makna sangatlah lemah, karena antara suku tersebut dengan kelompok Sufi tidak berkaitan sama sekali.
Para ulama Bashrah yang mengalami masa kemunculan kelompok sufi, tidaklah tinggal diam. Sebagaimana diriwayatkan Abu Asy-Syaikh Al-Ashbahani rahimahullah dengan sanadnya dari Muhammad bin Sirin rahimahullah, bahwasanya telah sampai kepadanya berita tentang orang-orang yang mengutamakan pakaian yang terbuat dari bulu domba. Maka beliau berkata: "Sesungguhnya ada orang-orang yang mengutamakan pakaian yang terbuat dari bulu domba dengan alasan untuk meneladani biasarAl-Masih bin Maryam! Maka petunjuk Nabi kita lebih kita cintai, beliau mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun, dan yang selainnya." (Diringkas dari Majmu' Fatawa, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah hal. 5, 6, 16)
Asy-Syaikh Muhammad Aman bin 'Ali Al-Jami rahimahullah berkata: "Demikianlah munculnya jahiliah Tasawuf, dan dari kota inilah (Bashrah) ia tersebar." (At-Tasawuf Min Shuwaril Jahiliah, hal. 5)

Siapakah Peletak Ilmu Tasawuf?

Ibnu 'Ajibah, seorang Sufi Fathimi, mengklaim bahwa peletak , menurut Ibnu 'Ajibah,r sendiri.. Beliau rilmu Tasawuf adalah Rasulullah melalui wahyu dan ilham. Kemudian Ibnu 'AjibahImendapatkannya dari Allah berbicara panjang lebar tentang hal ini dengan sekian banyak bumbu keanehan dan dengan membawarkedustaan, yaitu: "Jibril pertama kali turun kepada Rasulullah ilmu syariat. Dan ketika ilmu itu telah mantap, maka turunlah ia untuk kedua pun mengajarkan ilmu hakikat inirkalinya dengan membawa ilmu hakikat. Beliau pada orang-orang khusus saja. Dan yang pertama kali menyampaikan Tasawuf adalah , dan Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah menimba darinya."t'Ali bin Abi Thalib (Iqazhul Himam Fi Syarhil Hikam, hal. 5 dinukil dari At-Tasawuf Min Shuwaril Jahiliyah, hal. 8)
Asy-Syaikh Muhammad Aman bin 'Ali Al-Jami rahimahullah berkata: "Perkataan Ibnu 'Ajibah ini merupakan tuduhan keji lagi lancang r. Dengan kedustaan, ia telah menuduh bahwa beliau rterhadap Rasulullah menyembunyikan kebenaran. Dan tidaklah seseorang menuduh Nabi dengan tuduhan tersebut, kecuali seorang zindiq yang keluar dari Islam dan berusaha untuk telah perintahkanImemalingkan manusia dari Islam jika ia mampu. Karena Allah untuk menyampaikan kebenaran tersebut dalam firman-NyarRasul-Nya :
يَآءَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَآ أُنْزِلَ إِلَيْكَ مِن رَبِّكَ وَإِنْ لَمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَه
"Wahai Rasul sampaikanlah apa yang telah diturunkan kepadamu oleh Rabbmu. Dan jika engkau tidak melakukannya, maka engkau tidak menyampaikan risalah-Nya." (Al Maidah: 67)
Beliau juga berkata: "Adapun pengkhususan Ahlul Bait dengan sesuatu dari ilmu dan agama, maka ini merupakan pemikiran yang diwarisi orang-orang Sufi dari pemimpin-pemimpin mereka sendiri yang membantahnya,t(Syi'ah). Dan benar-benar 'Ali bin Abi Thalib sebagaimana diriwayatkan Al-Imam Muslim rahimahullah dari hadits Abu Thufail . Ia berkata: "Suatu saat aku pernah berada di sisi 'Ali bint'Amir bin Watsilah . Maka datanglah seorang laki-laki seraya berkata: 'Apa yang pernahtAbi Thalib r kepadamu?' Maka Ali pun marah lalu mengatakan: 'Nabi rdirahasiakan oleh Nabi belum pernah merahasiakan sesuatu kepadaku yang tidak disampaikan kepada pernah memberitahukan kepadaku tentang empatrmanusia! Hanya saja beliau berkata: 'Apa empat perkara itu wahai Amirul Mukminin?'tperkara.' Abu Thufail bersabda: "(Artinya) Allah melaknat seseorangrBeliau menjawab: 'Rasulullah yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat seorang yang menyembelih untuk selain Allah, Allah melaknat seorang yang melindungi pelaku kejahatan, dan Allah melaknat seorang yang mengubah tanda batas tanah'." (At-Tasawuf Min Shuwaril Jahiliah, hal. 7-8)

Hakikat Tasawuf

Dari bahasan di atas, Tasawuf dan bukan pula ilmu warisan dari 'Ali bin Abirjelas bukan ajaran Rasulullah . Lalu dari manakah ajaran Tasawuf ini?tThalib
Asy-Syaikh Ihsan Ilahi Zhahir rahimahullah berkata: "Ketika kita telusuri ajaran Sufi periode pertama dan terakhir, dan juga perkataan-perkataan mereka baik yang keluar dari lisan atau pun yang terdapat di dalam buku-buku terdahulu dan terkini mereka, maka kita dapati sangat berbeda dengan ajaran Al Qur'an dan As Sunnah. Dan kita tidak pernah melihat asal usul ajaran Sufi ini di dalam sejarah pemimpin umat manusia , dan para shahabatnya yang mulia lagi baik, yang mereka adalahrMuhammad di alam semesta ini. Bahkan sebaliknya, kitaImakhluk-makhluk pilihan Allah melihat bahwa ajaran Sufi ini diambil dan diwarisi dari kerahiban Nashrani, Brahma Hindu, ibadah Yahudi, dan zuhud Budha." (At-Tasawuf Al-Mansya' Wal Mashadir, hal... 28)
Asy-Syaikh Abdurrahman Al-Wakil rahimahullah berkata: "Sesungguhnya Tasawuf merupakan tipu daya setan yang paling tercela lagi hina .r dan Rasul-Nya I di dalam memerangi Allah Iuntuk menggiring hamba-hamba Allah Sesungguhnya ia (Tasawuf) merupakan topeng bagi Majusi agar tampak sebagai seorang Rabbani, bahkan ia sebagai topeng bagi setiap musuh (Sufi) di dalam memerangi agama yang benar ini. Periksalah ajarannya! Niscaya engkau akan mendapati di dalamnya ajaran Brahma (Hindu), Buddha, Zaradisytiyyah, Manawiyyah, Dishaniyyah, Aplatoniyyah, Ghanushiyyah, Yahudi, Nashrani, dan Berhalaisme Jahiliyyah." (Muqaddimah kitab Mashra'ut Tasawuf, hal. 19)2
Keterangan para ulama di atas menunjukkan bahwasanya ajaran Tasawuf bukanlah dari Islam. Bahkan ajaran ini merupakan kumpulan dari ajaran-ajaran sesat yang berusaha disusupkan ke tengah-tengah umat untuk menjauhkan mereka dari agama Islam yang benar.

Kesesatan-Kesesatan Ajaran Tasawuf

Di antara sekian banyak kesesatan ajaran Tasawuf adalah:
1. Wihdatul Wujud, yakni keyakinan bahwa menyatu dengan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. DemikianIAllah dapat menjelma dalam bentukIjuga Al-Hulul, yakni keyakinan bahwa Allah tertentu dari makhluk-Nya (inkarnasi).
Al-Hallaj, seorang dedengkot sufi, berkata: "Kemudian Dia (Allah) menampakkan diri kepada makhluk-Nya dalam bentuk orang makan dan minum." (Dinukil dari Firaq Al-Mua'shirah, karya Dr. Ghalib bin 'Ali Iwaji, 2/600)
Ibnu 'Arabi, tokoh sufi lainnya, berkata: "Seorang hamba adalah Rabb dan Rabb adalah hamba. Duhai kiranya, siapakah yang diberi kewajiban beramal? Jika engkau katakan hamba, maka ia adalah Rabb. Atau engkau katakan Rabb, kalau begitu siapa yang diberi kewajiban?" (Al-Futuhat Al-Makkiyyah dinukil dari Firaq Al-Mu'ashirah, hal. 601)
Muhammad Sayyid At-Tijani bahwasanya beliaurmeriwayatkan (secara dusta, pen) dari Nabi bersabda:
رَأَيْتُ رَبِّي فِي صُوْرَةِ شَابٍ
"Aku melihat Rabbku dalam bentuk seorang pemuda."
(Jawahirul Ma'ani, karya 'Ali Harazim, 1/197, dinukil dari Firaq Mu'ashirah, hal. 615)
telah berfirman:IPadahal Allah
لَيْسَ كَمِثْلِه شَيْئٌ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
"Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Allah, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Asy-Syura: 11)
قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنْظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَنْ تَرَانِي ...
"Berkatalah Musa: 'Wahai Rabbku nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat-Mu.' Allah berfirman: 'Kamu sekali-kali tidak akan sanggup melihatku'…" (Al-A'raf: 143)
2. Seorang yang menyetubuhi istrinya, tidak lain Iia menyetubuhi Allah
Ibnu 'Arabi berkata: "Sesungguhnya seseorang ketika menyetubuhi istrinya tidak lain (ketika itu) ia menyetubuhi Allah!" (Fushushul Hikam).1 Betapa kufurnya kata-kata ini…, tidakkah orang-orang Sufi sadar akan kesesatan gembongnya ini?
adalah makhlukI3.. Keyakinan kafir bahwa Allah , masing-masing saling menyembah kepada yangIdan makhluk adalah Allah lainnya
Ibnu 'Arabi berkata: "Maka Allah memujiku dan aku pun memuji-Nya. Dan Dia menyembahku dan aku pun menyembah-Nya." (Al-Futuhat Al-Makkiyyah).2
telah berfirman:IPadahal Allah
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُوْنِ
"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat: 56)
إِنْ كُلُّ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ إِلاَّ آتِى الرَّحْمَنِ عَبْدًا
"Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Allah Yang Maha Pemurah dalam keadaan sebagai hamba." (Maryam: 93)
4.. Keyakinan tidak ada bedanya antara agama-agama yang ada
Ibnu 'Arabi berkata: "Sebelumnya aku mengingkari kawanku yang berbeda agama denganku. Namun kini hatiku bisa menerima semua keadaan, tempat gembala rusa dan gereja pendeta, tempat berhala dan Ka'bah, lembaran-lembaran Taurat dan Mushaf Al Qur'an." (Al-Futuhat Al-Makkiyyah).3
Jalaluddin Ar-Rumi, seorang tokoh sufi yang sangat kondang, berkata: "Aku seorang muslim, tapi aku juga seorang Nashrani, Brahmawi, dan Zaradasyti. Bagiku, tempat ibadah adalah sama… masjid, gereja, atau tempat berhala-berhala."4
berfirman:IPadahal Allah
وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ اْلإِسْلاَمِ دِيْنًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي اْلأَخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ
"Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya. Dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi." (Ali Imran: 85)
5. Bolehnya menolak hadits yang jelas-jelas shahih
Ibnu 'Arabi berkata: "Kadangkala suatu hadits shahih yang diriwayatkan oleh para perawi-perawinya, tampak hakikat keadaannya oleh seseorang mukasyif (Sufi yang mengetahui ilmu ghaib dan batin). Ia bertanya r secara langsung: "Apakah engkau mengatakannya?" Maka beliau rkepada Nabi mengingkarinya seraya berkata: "Aku belum pernah mengatakannya dan belum pernah menghukuminya dengan shahih." Maka diketahuilah, dari sini lemahnya hadits tersebut dan tidak bisa diamalkan sebagaimana keterangan dari Rabbnya walaupun para ulama mengamalkannya berdasarkan isnadnya yang shahih." (Al-Futuhat Al-Makkiyah).1
6. Pembagian ilmu menjadi syariat dan hakikat. Di mana bila seseorang telah sampai pada tingkatan hakikat berarti ia telah mencapai martabat . Oleh karena itu, menurut keyakinan Sufi,Ikeyakinan yang tinggi kepada Allah gugur baginya segala kewajiban dan larangan dalam agama ini.
Mereka berdalil dalam Al Qur'an Surat Al-Hijr ayat 99:Idengan firman Allah
وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ
yang mana mereka terjemahkan dengan: "Dan beribadahlah kepada Rabbmu hingga datang kepadamu keyakinan."
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: "Tidak diragukan lagi oleh ahlul ilmi dan iman, bahwasanya perkataan tersebut termasuk sebesar-besar kekafiran dan yang paling berat. Ia lebih jahat dari perkataan Yahudi dan Nashrani karena Yahudi dan Nashrani beriman dengan sebagian isi Al Kitab dan mengkufuri sebagian lainnya. Sedangkan mereka adalah orang-orang kafir yang sesungguhnya (karena mereka berkeyakinan dengan sampainya kepada martabat. Hakikat tidak lagi terkait dengan kewajiban dan larangan dalam agama ini, pen)." (Majmu' Fatawa, 11/401)
Beliau juga berkata: "Adapun pendalilan mereka dengan ayat tersebut, maka justru merupakan bumerang bagi mereka. Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata: tidak menjadikan batas akhir beramal bagi orang-orangI'Sesungguhnya Allah beriman selain kematian', kemudian beliau membaca Al Qur'an Surat Al-Hijr ayat 99, yang artinya: 'Dan beribadahlah kepada Rabbmu hingga datang kepadamu kematian'."
Beliau melanjutkan: "Dan bahwasanya 'Al-Yaqin' di sini bermakna kematian dan setelahnya, dengan kesepakatan ulama kaum muslimin." (Majmu Fatawa, 11/418)
itu bukan karena takut dariI7. Keyakinan bahwa ibadah kepada Allah . PadahalI (an-naar/ neraka) dan bukan pula mengharap jannah Allah Iadzab Allah berfirman:IAllah
وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِيْنَ
"Dan peliharalah diri kalian dari an-naar (api neraka) yang disediakan untuk orang-orang yang kafir." ('Ali Imran: 131)
وَسَارِعُوآ ِإلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَاْلأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ
"Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rabb kalian dan kepada jannah (surga) yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa." ('Ali Imran: 133)
8. Dzikirnya orang-orang awam adalah لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ , sedangkan dzikirnya orang-orang khusus dan paling khusus adalah "الله / Allah", "هُوَ / huwa", dan "آه / aah" saja.
bersabda:rPadahal Rasulullah
أَفْضَلُ الذِّكْرَ لاَ إِلَهِ إِلاَّ اللهُ
"Sebaik-baik dzikir adalah لا إله إلا الله ." (HR. , dihasankan oleh Asy-SyaikhtAt-Tirmidzi, dari shahabat Jabir bin Abdullah Al-Albani dalam Shahih Al-Jami', no. 1104).1
Syaikhul Islam rahimahullah berkata: "Dan barangsiapa yang beranggapan bahwa لا إله إلا الله adalah dzikirnya orang awam, sedangkan dzikirnya orang-orang khusus dan paling khusus adalah "هُوَ / Huu", maka ia seorang yang sesat dan menyesatkan." (Risalah Al-'Ubudiyah, hal. 117-118, dinukil dari Haqiqatut Tasawuf, hal. 13)
9. Keyakinan bahwa orang-orang Sufi mempunyai ilmu kasyaf (yang dapat menyingkap hal-hal yang tersembunyi) dan ilmu ghaib.
dustakan mereka dalamIAllah firman-Nya :
قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللهُ
"Katakanlah tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui hal-hal yang ghaib kecuali Allah.." (An-Naml: 65)
10. Keyakinan I dari nur/ cahaya-Nya, dan Allah r menciptakan Nabi Muhammad Ibahwa Allah .rciptakan segala sesuatu dari cahaya Nabi Muhammad
IPadahal Allah berfirman :
فُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ ...
"Katakanlah (Wahai Muhammad), sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia seperti kalian, yang diwahyukan kepadaku …" (Al-Kahfi: 110).
إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلآئِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِيْنٍ
"(Ingatlah) ketika Rabbmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku akan ciptakan manusia dari tanah liat." (Shad: 71)
menciptakan duniaI11. Keyakinan bahwa Allah .rini karena Nabi Muhammad
berfirman :IPadahal Allah
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنْسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ
"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat: 56)

Demikianlah beberapa dari sekian banyak ajaran Tasawuf, yang dari ini menjauhkan kita dariIsaja, nampak jelas kesesatannya. Semoga Allah kesesatan-kesesatan tersebut …

Syariat adalah dzikir

dari inbox emailku:

Syariat adalah dzikir

Syariat adalah dzikir
Setiap yang Anda lakukan sesuai Syariat adalah dzikir, bahkan kalau itu hanya perbuatan biasa seperti berjual-beli. (Sheikh Ahmad Sirhindi).

Dzikir berarti mengingat Allah selamanya, dan berusaha tak melupakan-Nya. Eling, eling, istilah orang Jawa. Untuk itu, kadang dengan tasbih berputar-putar di tangan, kita mengulang-ulang ungkapan nafi wa istbat (peniadaan dan penegasan ketuhanan Allah, yakni la ilaha illa Allah), atau kita sekadar mengulang-ulang kata ''Allah,'' ism dzat.

Namun, tokoh sufi pembaharu Sheikh Ahmad Sirhindi tak berhenti pada dzikir dalam pengertian konvensional itu. Selanjutnya, mujaddid yang lahir di Punjab, India, 26 Mei 1564 ini membagi dzikr menjadi dua: mengucapkan nama-nama dan sifat-sifat Allah seperti pengertian di atas tadi, serta menaati semua perintah-Nya dan memenuhi kehendak-Nya.

Yang agak mengejutkan, Sheikh Ahmad sampai pada kesimpulan ada saat-saat di mana kita berdosa mengucapkan dzikir. Baginya, mengucapkan dzikir dalam situasi orang lain membutuhkan kita boleh dikata sebagai dosa. Ini hampir sama dengan larangan untuk berpuasa atau salat pada saat-saat tertentu. Begitu pula sebaliknya.

Ia menyebut contoh, menyelamatkan orang buta yang berdiri selangkah di pinggir mulut sumur, lebih baik dari mengingat Allah. Allah tidak membutuhkannya atau dzikirnya, sementara orang buta membutuhkan bantuan, memerlukan seseorang untuk menyelamatkannya, khususnya orang yang terpilih sebagai penyelamat yang diberi kesempatan untuk berada di dekatnya.

Menyelamatkan orang buta dalam situasi tadi merupakan bentuk dzikir juga, karena perbuatan itu mematuhi perintah Allah. Dalam berdzikir dengan menyebut nama Allah, kita hanya melaksanakan satu tugas, yakni tugas kepada Allah. Namun bila kita berusaha menyelamatkan orang, kita telah melakukan dua tugas sekaligus: tugas kepada Allah dan tugas pada manusia.

Setiap perbuatan yang sesuai dengan perintah Allah mestinya dimaksud hanya untuk mengingat Allah. Bahkan berjual-beli dan berdagang di mana kita melaksanakan Syariat adalah dzikir. Demikian pula, menikah atau cerai yang dilaksanakan sesuai hukum Syariat pun merupakan dzikir.

Dzikir dengan menyebut nama-nama Allah memang lebih efektif dalam menimbulkan kecintaan pada Allah dan memperoleh kedekatan-Nya. Namun, dzikir macam ini hanyalah cara (wasilah) ke dzikir yang merupakan penaatan pada hukum-hukum Syara' di dalam kehidupan.

Alasannya, kita mustahil melaksanakan hukum Syara' di semua persoalan kecuali kita memiliki kecintaan kuat kepada Pembuat Syariat. Dan kecintaa kuat pada Allah bergantung pada dzikr (mengingat) Allah dengan mengucapkan nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Keduanya saling terkait. - ah.mr-republika

Penyebab Kesuburan Sistem Reproduksi Manusia Turun (Mandul) Dari Luar/Eksternal

Beberapa penyabab penurunan kesuburan pada manusia yang mempengaruhi kualitas sperma dan sel telur :

1. Merokok / Menghisap Asap Rokok dan Polusi Udara

Orang yang merokok dan juga orang di sekitar perokok yang sering menghirup asap rokok dapat terkena dampat yang cukup parah jika berlangsung terus menerus karena di dalam asap rokok terkandung racun-racun yang berbahaya bagi sistem reproduksi.

Racun rokok bisa menyebabkan gangguan kehamilan, gangguan janin, keguguran, memperlambat gerakan sperma, merusak sistem reproduksi, ovulasi tidak lancar, dan sebagainya yang sangat tidak baik bagi yang ingin punya ketururunan.

Asap buangan knalpot kendaraan bermotor, limbah udara buangan pabrik, asap hasil pembakaran sampah, asap pembakaran pemasakan makanan dan lain sebagainya dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh serta menurunkan kualitas sel telur isteri dan sperma suami. Hindari daerah yang menghasilkan polusi udara yang tinggi serta gunakan masker pelindung jika terpaksa harus berada di dalam wilayah tercemar polusi udara.

2. Minuman Mengandung Alkohol / Minuman Keras Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa mengganggu hormon estrogen dan progesteron yang dapat menghambat proses pembuahan / kehamilan. Sperma laki-laki pun akan bergerak lambat dan seperma akan berkurang produksinya di dalam testis. Miras tidak cocok bagi orang yang ingin punya keturunan langsung.

3. Produk Elektronik dan Radiasi

Benda-benda yang ada di sekitar kita bisa menjadi ancaman dalam memiliki anak karena mempengaruhi kualitas sistem reproduksi kita seperti telepon selular alias hape yang menghasilkan radiasi elektrostatik dan elektromagnetik yang berpengaruh tidak baik pada sperma pria. Sperma bisa rusak atau abnormal jika terlalu sering terpapar radiasi ponsel tersebut. Radiasi nuklir pun tidak baik untuk sistem reproduksi.

Produk elektronik seperti laptop sebaiknya tidak dipangku di paha dekat testis / alat kelamin karena suhu yang tinggi bisa menyebabkan sperma mati. Hindari memakai celana dan celana dalam yang panas serta benda-benda yang dapat memanaskan alat kelamin agar sperma anda tetap dalam kondisi yang prima ketika dibutuhkan untuk membuahi sel telur.

4. Usia Tidak Subur / Usia Lanjut

Usia wanita yang subur dan baik untuk punya anak adalah usia 35 tahun ke bawah. Oleh karena itu hendaknya wanita karir tidak menunda pernikahan dan segera menikah jika sudah ada jodoh yang baik. Untuk yang wanita lansia jelas sudah tidak ada kesempatan kerena masuk ke dalam masa menopouse (mandul) ketika usia 45 s/d 50 tahun.

Setelah usia di atas 35 tahun kemampuan reproduksi perempuan akan menurun karena kualitas sel telur yang menurun sehingga kadang tidak mampu terjadi pembuahan walau dikelilingi sperma suami. Hindari menikah pada usia tua pada wanita.

5. Pikiran Negatif / Stres / Depresi

Buat apa stres dan terlalu banyak pikiran kerena semua itu tidak ada gunanya. Pikiran yang negatif dapat menurunkan gairah seks sehingga orang yang stres dan banyak pikiran cenderung menghindar dari kegiatan melakukan hubungan seks suami istri sehingga dapat mengurangi keharmonisan rumah tangga.

Stres serta kebanyakan pikiran pun dapat mengurangi kualitas sel sperma dan sel telur serta hormon testosteron pada lelaki. Akibat dari pikiran yang negatif yaitu sulit untuk memiliki momongan kandung. Oleh sebab itu hindari stress dengan berbagai metode selama tidak merugikan dengan dukungan aktif pasangan suami/isteri serta keluarga.

Siklus Menstruasi

Siklus menstruasi wanita berbeda-beda, namun rata-rata berkisar 28 hari. Hari pertama menstruasi dinyatakan sebagai hari pertama siklus menstruasi. Siklus ini terdiri atas 4 fase, yaitu:

1. Fase menstruasi

Fase menstruasi ini terjadi jika ovum tidak dibuahi sperma, sehingga korpus luteum menghentikan produksi hormon esterogen dan progesteron. Turunnya kadar esterogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari endometrium yang disertai robek dan luruhnya endometrium, sehingga terjadi pendarahan. Fase menstruasi ini berlangsung kurang lebih 5 hari. Darah yang keluar selama menstruasi berkisar antara 50-150 mili liter.

2. Fase pra-ovulasi

Fase pra-ovulasi disebut juga dengan fase poliferasi. Hormon pembebas gonadotropin yang dikeluarkan hipotalamus akan memacu hipofise untuk mengeluarkan FSH. FSH singkatan dari folikel stimulating hormon. FSH memacu pematangan folikel dan merangsang folikel untuk mengeluarkan hormon esterogen. Adanya esterogen menyebabkan pembentukan kembali (poliferasi) dinding endometrium. Peningkatan kadar esterogen juga menyebabkan serviks untuk mengeluarkan lendir yang bersifat basa. Lendir ini berfungsi untuk menetralkan suasana asam pada vagina sehingga mendukung kehidupan sperma......

.....SELENGKAPNYA>>>Siklus Menstruasi

.

Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

By Badruddin Hsubky
Lailatul qadar, sering juga disebut Malam Kemuliaan. Inilah malam turunnya takdir Allah yang baik bagi hamba-Nya. Ibadah di malam mulia ini lebih baik dari beribadah seribu bulan (Q. S. 87: 2). Pada malam lailatul qadar para malaikat dan Jibril berdesakan turun ke bumi membawa segala urusan yang baik. Rizki, ilmu pengetahuan, kebahagiaan, keberkahan, dan sebagainya diberikan kepada hamba-hambaNya yang beribadah di malam yang mulia ini (Q. S. 87: 3 dan 89: 16). ''Di saat lailatul qadar,'' sabda Nabi SAW, ''Jibril dan malaikat yang lainnya turun ke bumi, seraya memohon ampunan dan keselamatan bagi setiap hamba Allah yang beribadah di malam lailatul qadar.'' Karena kemuliaannya, banyak orang Islam yang lalu menantikan lailatul qadar, dengan berbagai kegiatan ibadah. Keadaan ini akan bertambah khusuk bila tiba sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Mereka bersandar pada hadis Nabi riwayat Aisyah ra: ''Jika telah datang sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW lebih mempererat ibadahnya, dan beliau membangunkan seluruh keluarganya.''

Hadis di atas memotivasi umat Islam agar bertambah giat beribadah. Terlihat, di berbagai masjid, umat Islam khusuk beribadah, ada yang tadarus Alquran, salat tarawih, salat malam, mengkaji ilmu-ilmu keislaman serta berbagai kegiatan ibadah lainnya. Ini karena Rasulullah SAW telah memberi gambaran bahwa untuk mendapatkan lailatul qadar harus beribadah secara sungguh-sungguh di bulan yang penuh berkah ini. Minimal ada dua syarat untuk mendapatkan malam lailatul qadar. Pertama, fal yastajibu li, hendaknya memenuhi segala ketentuan-ketentuan Allah dan menjauhi berbagai larangan-Nya secara konsekuen dan konsisten. Kedua, fal yu'minu bi, memantapkan keyakinan kepada Allah atas segala janji-janji-Nya.

Dua kriteria di atas merupakan syarat akan dipenuhinya segala permohonan. Firman-Nya, ''Aku akan mengambulkan permohonan orang-orang yang berdoa, bila mereka memohon kepadaKU.'' (Q. S. 2: 186). Lalu, apa hikmah dari malam lailatul qadar? Orang yang mendapat lailatul qadar, dalam hidupnya akan senantiasa mendapat bimbingan dan petunjuk ke jalan lurus, al-shirath al-mustaqim. Artinya, ia akan mendapat aspirasi dan inspirasi untuk menatap hidup masa mendatang yang lebih baik. Kita amat kerap berikrar: Tunjukilah kami jalan lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka (Q. S. 1: 5-7). Petunjuk jalan yang lurus itu akan tersingkap di saat tiba lailatul qadar. Semoga
.
__________________________________________________
dari inbox email saya.

Bikin SIM Bisa di Rumah

Wah... Bikin SIM Bisa di Rumah

Ritual lima tahunan untuk memperpanjang masa berlaku surat izin mengemudi (SIM) memang terkadang merepotkan. Apalagi untuk pengajuan SIM baru, masyarakat harus menyediakan waktu khusus untuk antre, ujian tertulis dan praktik, serta melakukan sejumlah hal administratif lain.

Namun kini, masyarakat yang akan membuat atau memperpanjang masa berlaku SIM tidak perlu lagi repot datang ke kantor Satpas SIM di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Mereka bisa menunggu di rumah atau kantor. Petugas SIM-lah yang bakal datang.

Namun, segala kemudahan itu memiliki syarat. Simak syarat-syarat untuk mendapatkan layanan yang disebut dengan "SIM Komunitas" yang bisa digunakan oleh perusahaan atau komunitas warga ini.

  • Mengajukan surat permohonan SIM Komunitas ke Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Up: Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya.
  • Jumlah pemohon SIM Komunitas maksimal 150 orang dan minimal 30 orang. Dengan menyebutkan lokasi pelaksanaan pembuatan SIM serta jumlah yang akan mengurus SIM.
  • Surat harus ditandatangani oleh pimpinan perusahaan, atau pengurus di RT/RW di kompleks atau perumahan.
  • Menyediakan tempat yang cukup luas karena pihak Lantas Polda harus membawa dua kendaraan sejenis bus ke lokasi. Satu bus untuk ujian teori, satu bus membawa peralatan praktik SIM.
  • Bagi pemohon pembuatan SIM baru harus mengikuti ujian. Namun, bagi pemohon yang akan memperpanjang SIM, cukup melampirkan KTP sesuai identitas di SIM.
  • Waktu pelaksanaan jam kerja, pukul 08.00-16.00.

Pemain Utama Pasar Modal

Pemain Utama Pasar Modal

Disebut pemain utama, karena pihak-pihak ini yang paling berperan dalam perdagangan efek. Berikut ini pemain utama dalam bursa efek.

(1) Emiten

Emiten adalah pihak yang melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa. Dalam melakukan penjualannya, emiten dapat memilih dua macam instrumen pasar modal, yaitu bersifat kepemilikan atau utang.

(2) Investor

Investor adalah pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya di perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga. Sebelum membeli atau menanamkan modalnya, investor melakukan analisis terhadap perusahaan tersebut, prospek emiten, dan lain-lainnya. Investor ini dapat berasal dari dalam negeri dan luar negeri.

(3) Penjamin Emisi (Underwriter)

Penjamin emisi merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham atau obligasi sampai batas waktu tertentu.

(4) Perantara Perdagangan Efek (Pialang)

Pialang merupakan perantara antara penjual dengan pembeli surat-surat berharga. Pialang disebut juga broker. Tugas pialang meliputi: memberikan informasi tentang emiten, dan melakukan penjualan surat-surat berharga kepada para investor.

(5) Manajer Investasi

Manajer investasi adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola efek untuk para nasabah....

.... SELENGKAPNYA>>> Pasar Modal (Bursa Efek)


.

Konsep Reuni AKBAR SMKN 3 BUDURAN ( PERKAPALAN )

Juan Valentinoz 02 September jam 22:31 Balas
Konsep Reuni AKBAR SMKN 3 BUDURAN ( PERKAPALAN )


Pendahuluan

Idealnya, banyak kakak-kakak alumni yang tergabung dalam forum FB yang setuju dengan diadakannya Reunian,Maka dalam kegiatan ini kita melebarkan tahun angkatan. Misal sedikit-banyak ada yang dari angkatan 1,2, dst. Yang pada pergaulan sehari-hari, jarang membaur seolah antar angkatan tidak pernah berkomunikasi semoga dengan adanya forum ini kita dapat merapatkan barisan dan mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi hingga akhir hayat, amien..
Saudara seangkatan, juga kakak-kakak alumni, sehubungan dengan akan diadakannya rencana Reuni yang akan kita adakan adapun konsep yang masih perlu direvisi dan tanggapan dari kakak-kakak alumni yang mungkin lebih berpengalaman dalam membuat konsep acara agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.


Konsep Reuni

Konsep Reuni adalah TEMU KANGEN, dengan selingan hiburan NYANYI , CANDA., dan NOSTALGIA. Kalaupun ada Agenda yang agak idealis, membentuk kegiatan Comunity yg lebih baik, dan lainnya, akan dibicarakan di sesi Serius, di antara waktu kangenan, yang akan ditindak lanjuti ataupun spontanitas.

Untuk memenuhi kebutuhan Nyanyi dan Canda Selama Reuni, agar Kesannya sangat mendalam, maka panitia akan membuat sistim pengumpulan data, yang akan disampaikan via email dalam kurun persiapan sampai pelaksanaan Reuni.


Time Table Kegiatan

1.
a. Membentuk tim Team Panitia Pelaksana dan Formatur Acara
b. Menentukan Pilihan Waktu Reuni

2.
a. Draft Proposal dan Kertas kerja
b. Pengumpulan Data Alumni, melalui email dan atau surat-menyurat.
c. Pengumpulan dana
d. Sebar undangan lengkap dengan Profil Acara dan kegiatan Reuni.
e. Final Review





Tentative Acara :

1. Pembukaan

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

3. Sambutan-sambutan
a. Ketua Panitia
b. Wakil SMKN 3 BUDURAN
c. Wakil Alumni SMKN 3 BUDURAN

4. Pemberian Kenang-kenangan

5. Napak Tilas
Interaksi Personal
Halal-bi-Halal dan saling bersalaman.

6. Hiburan – Nyanyi dan Canda

7. Makan Siang

8. Hiburan – Nyanyi dan Canda

9. Door Prize & Foto Bersama

10. Penutupan .

11. Selesai


ini adlah rencana konsep reuni yg akan kita adakan...
kritik dan saran serta tambahan atau mungkin yg lain2nya aquw tunggu n qt bahas bersama2 d dalam forum ini.
terima kasih atas perhatiannya...
wassalam....

Ibu Hamil Dilarang Puasa, Bila...

Subjek:  Ibu Hamil Dilarang Puasa, Bila...

Jumat, 4 September 2009 | 11:30 WIB
 Secara medis, wanita hamil yang diperbolehkan berpuasa adalah ibu yang masa kehamilannya sudah cukup tua dan kuat, yaitu usia sekitar empat bulan ke atas. Pada usia kehamilan 4-7 bulan, puasa tidak akan banyak berpengaruh sebab biasanya kondisi kesehatan sang ibu sudah melewati taraf penyesuaian dan lebih stabil.

Sebaliknya, ibu hamil yang memiliki kondisi sebagai berikut, sebaiknya tidak berpuasa dulu:

1. Perdarahan
Ibu yang pernah mengalami perdarahan semasa kehamilan, jika memaksakan diri berpuasa, hanya akan menambah parah keadaan. Keselamatan ibu dan janin bisa terancam.

2. Diabetes Melitus (DM)
Ibu hamil dengan DM tidak disarankan berpuasa. Selain harus menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi program makan yang telah dibuat supaya kadar gula darah terkontrol dan stabil.

3. Hipertensi
Terapi obat tidak boleh dilewatkan dalam kasus hipertensi. Bila sampai terlewat, besar kemungkinan tekanan darah tidak terkontrol bisa naik atau turun tiba-tiba. Padahal, tekanan darah yang naik-turun mendadak harus dihindari selama kehamilan karena bisa menyebabkan kematian ibu maupun janin yang dikandungnya.

4. Gangguan sistem pencernaan
Ibu hamil dengan gangguan pencernaan seperti maag jika berpuasa sama artinya dengan memperbesar peluang kambuhnya penyakit. Lambung kosong akan mempertinggi peluang naiknya asam lambung.

5. Dehidrasi
Jika sampai dehidrasi, jiwa si ibu hamil dan bayi yang dikandungnya bisa terancam. Karena itu, jangan sungkan untuk lekas berbuka. Jangan sampai ibu hamil mengalami hal ini yang umumnya diawali diare dan muntah berlebih, keringat dingin membanjir, disertai keluhan pusing dan lemas.

6. Hari H
Di hari bersalin, ibu hamil tidak dianjurkan berpuasa. Ini karena ibu memerlukan energi ekstra untuk melahirkan. Memaksakan diri berpuasa hanya akan mencelakakan diri sendiri dan bayinya.

Narasumber: Dr.Siti Salima, Sp.OG, ahli kandungan dari RS Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Makna Bencana Alam

Makna Bencana Alam

By Fuad Rumi
Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya akan menimpa orang-orang yang berbuat zalim di antara kamu. Dan ketahuilah, sesungguhnya Allah amat keras azab-Nya. (QS Al Anfal: 25). Bencana alam yang sering menimpa kita ada dua macam: bencana yang murni bersifat alami dan bencana yang dikarenakan perbuatan manusia. Gunung api meletus, gempa tektonik, badai dan gelombang, adalah contoh bencana alam yang murni bersifat alami. Sedangkan tanah longsor pada gunung yang hutannya digunduli manusia, kebakaran hutan karena manusia mencari cara gampang membuka lahan perkebunan, adalah contoh bencana yang dikarenakan perbuatan manusia.

Jenis bencana yang pertama seharusnya menyadarkan manusia akan Kemahabesaran Allah. Ketika sebuah gunung meletus yang menyebabkan gempa vulkanik, atau dua lempeng kulit bumi bertumbukan yang menyebabkan gempa tektonik, seharusnya semakin menyadarkan manusia tentang adanya Allah Yang Maha Kuasa. Ada hukum-hukum alam yang telah ditetapkan-Nya sehingga alam bersifat demikian itu. Manusia tidak dapat menciptakan hukum seperti itu. Manusia harus sadar, ada Tuhan tempat mereka bergantung. Karena itu mereka harus tunduk-patuh secara ikhlas terhadap petunjuk dan hukum-Nya.

Di balik bencana alam itu tentu ada hikmahnya bagi manusia. Misalnya, dengan melakukan penyelidikan empiris, sedikit demi sedikit manusia dapat memahami hukum-hukum alam yang ditetapkan Tuhan. Dengan demikian, manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Lalu dengan iptek itu, mereka dapat melakukan berbagai upaya untuk memperkecil kemungkinan risiko yang dialaminya akibat bencana alam itu, misalnya dengan melakukan evakuasi setelah memprediksi akan terjadi gempa vulkanik.

Berbeda dengan itu, bencana alam yang disebabkan ulah manusia bisa terjadi, antara lain, karena kesadaran hukum dan moral mereka yang rendah atau oleh keterbatasan pengetahuan manusia itu sendiri. Keterbatasan atau kelemahan pengetahuan manusia dapat mengakibatkan kesalahan dalam mengelola alam yang bisa berujung pada bencana alam. Sementara kelemahan kesadaran hukum dan moral juga bisa mengakibatkan manusia mengelola alam secara salah sehingga menimbulkan bencana. Contohnya, bencana asap dari kebakaran hutan yang kita alami sekarang ini.

Sebagian besar kebakaran hutan tersebut bukan diakibatkan oleh kelemahan pengetahuan, tapi kelemahan kesadaran hukum dan moral. Ada di antara pengusaha hutan yang demi kepentingannya sendiri melanggar aturan pengelolaan hutan (kelemahan kesadaran hukum) dengan cara membakar, dan tidak mau tahu banyak orang lain menderita karenanya (kelemahan kesadaran moral).

Terjemahan surat Al Anfal ayat 29 di atas seharusnya kita jadikan pegangan bersama untuk mawas diri terhadap bencana yang ditimbulkan oleh perbuatan zalim kita sendiri. Sekaligus, atas dasar itu, kita harus menyadari akan tanggung jawab kita melakukan kontrol terhadap perbuatan yang bisa mendatangkan bencana, sebab kerugian yang ditimbulkannya tidak hanya menimpa pelakunya. Orang-orang tak berdosa juga ikut mengalaminya.

Gempa 7,3 SR- Tasik Malaya

Gempa 7,3 SR, 9 Orang Tewas di Garut

Gempa 7,3 SR, 9 Orang Tewas di Garut
Sembilan orang tewas di Garut akibat akibat gempa bumi yang berkekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR) di Tasikmalaya kemarin, kata seorang pejabat daerah setempat.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Garut H. Iman Alirahman, M.Si di Garut, Kamismenyatakan,kesembilan warga ituatasdua korban tewas warga kecamatan Pameungpeuk, seorang warga Cisompet, lima penduduk Cikelet, serta seorang warga kecamatan Peundeuy, demikian laporan sementara dari lapangan pada Kamis dinihari.

Gempa jugamengakibatkan 11 korban luka berat serta 57 luka ringan, sedangkan dari 937 rumah yang mengalami kerusakan meliputi 3.483 rusak berat, 547 rusak sedang serta 2.907 rusak ringan, katanya.

Kerusakan juga dialami261 sekolah rusak berat, dua sekolah rusak sedang dan 35 rusak berat, disusul 14 masjid rusak berat, 11 rusak sedang serta 135 rusak ringan, terdapat pula dua unit bangunan kantor desa Cisompet rusak ringan dan kantor kecamatan Peundeuy rusak ringan.

Sedangkan kerusakan bangunan, terbanyak di kecamatan Pameungpeuk sebanyak 953 rumah masing-masing 525 rusak berat dan 428 rusak ringan.

Priotas penanganan dilakukan bagi para korban luka berat dan ringan ternasuk mengupayakan pemberian santunan kepada akhli waris korban meninggal, sedangkan upaya lainnya terus melakukan pendataan korban secara keseluruhan termasuk kerusakan rumah penduduk
---------------

Gempa di Tasikmalaya Membuat Panik Warga Cirebon

Gempa di Tasikmalaya Membuat Panik Warga Cirebon
Gempa dengan kekuatan besar yang berpusat di Tasikmalaya juga dirasakan warga Cirebon dan akibat goncangan tersebut, Rabu, membuat pekerja kantor swasta dan pemerintah serta pengunjung mall berhamburan keluar gedung.

Seperti yang terjadi di Pusat Grosir Cirebon (PGC), beberapa pengunjung yang panik langsung berhamburan ke luar gedung.

Akibatnya kepanikan tersebut, beberapa pengunjung terjatuh saat menuruni tangga dan beberapa diantaranya terinjak oleh sesama pengunjung yang berebut keluar gedung untuk menyelamatkan diri.

Beberapa pengunjung yang terinjak diantaranya adalah Yuni (41) bersama dua anak kembarnya Dora dan Dera (12) warga Desa Karangsuwung, Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon.

Yuni menceritakan, saat gempa terjadi dia bersama dua anaknya langsung berhamburan keluar gedung berebut dengan pengunjung yang lain. Namun saat menuruni tangga, akibat berdesak-desakkan pegangan dua anaknya tersebut terlepas sehingga terjatuh.

"Pegangan kami bertiga terlepas, kemudian karena terdorong oleh pengunjung lain kami tejatuh dan terinjak-injak," ujar Yani.

Akibatnya Yani mengalami luka pada kaki kanannya, sedangkan Dera mengalam luka cukup serius pada tangan dan kaki kanannya. Malang bagi Dora yang terjatuh pada bagian tengah tangga mengalami luka parah pada bagian muka dan dada.

Ketiganya langsung dibawa ke RS Pelabuhan Cirebon untuk mendapat perawatan intensif.

Selain itu, Menara Masjid At-Taqwa yang biasanya dibuka untuk umum untuk ngabuburit, akibat terjadinya gempa tersebut untuk sementara ditutup.
---------------------------

35 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa

Depkes: 35 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa
 Pusat PenanggulanganKrisis (PPK) Departemen Kesehatan mencatat hingga pukul 23,00 WIB jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta, Rabu pukul 14.55 WIB dilaporkan sebanyak 35 orang.

Selain itu, menurut Kepala PPK Departemen Kesehatan Rustam S Pakaya di Jakarta, Rabu malam, gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter yang berpusat di 142 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, tersebut juga menyebabkan 384 orang terluka dan 40 orang hilang.

Jumlah korban meninggal dunia di Provinsi Jawa Barat dilaporkan sebanyak 34 orang dengan rincian enam orang di Kabupaten Bandung, 11 orang di Cianjur, empat orang di Garut, tiga di Kabupaten Tasikmalaya,dua orang di Kota Tasikmalaya, enam orang di Banjar dan satu orang di Sukabumi.

Guncangan gempa juga menyebabkan satu orang meninggal dunia dan 38 orang terluka di DKI Jakarta.

Gempa juga mengakibatkan rumah penduduk dan bangunan publik rusak.

Departemen Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, kata Rustam, telah mengirimkan tim medis dan bantuan logistik yang dibutuhkan untuk menangani korban bencana.
-----------------------------

Fwd: "CARI Pemimpin SIDOARJO 2010-2015" mengirimi Anda pesan di Facebook...

Badruz Zaman mengirim pesan kepada anggota CARI Pemimpin SIDOARJO 2010-2015.

--------------------
Subjek: update ;Pilkada sidoarjo 2010

Empat Partai sepakat Koalisi Hadapi Pilkada 2010
Dirilis kabarsidoarjo pada Wednesday, September 2nd 2009 dalam Pemilu, Politik

SIDOARJO- Meskipun pelaksanaan Pilkada kabupaten Sidoarjo baru akan di gelar pada tahun 2010 nanti.  namun bagi 4 parpol ini tidak menjadi halangan untuk melakukan kesepakatan awal membentuk koalisi 'besar'.
Koalisi 'besar' menyongsong Pilkada 2010 yang dilakukan empat partai  diantaranya Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini di akui terang terangan oleh Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sidoarjo Drs Unggul Prabowo
Menurutnya, koalisi yang sudah di sepakati dengan kesepakatan hitam diatas putih ini sekaligus mengantisipasi aturan pilkada yang mengharuskan parpol pengusung minimal punya 20 persen suara.
"kita sudah 11 kursi, jadi aman untuk mengantisipasi aturan itu,"
terangnya.
Unggul mengakui, sejauh ini masih belum menyinggung soal siapa yang akan
dijagokan oleh koalisi 'besar'ini. Namun Yang jelas, sejauh ini koalisi empat
parpol sudah melakukan kajian atas nama-nama kandidat yang sudah
muncul di masyarakat.
"Kita mendengar ada nama Emy Susanti (istri Bupati Sidoarjo Win
Hendrarso,red), Pak M Rochani (mantan sekdakab,red) dan Pak Saiful
Ilah (Wabup).kita masih dalam tahap mengamati siapa yang paling
berpeluang," tegasnya.
Masih menurut Unggul, Partainya sendiri sudah sepakat tidak memberangkatkan calon Kepala daerah dari kader partai  dan akan melakukan pantauan kepada calon calon yang dianggap memiliki peluang untuk menang .
"Dalam komunikasi politik kita sudah sepakat untuk tidak memberangkatkan kader,"pungkasnya (Abidin)
--------------------

Untuk membalas pesan ini, ikuti tautan di bawah ini:
http://www.facebook.com/n/?inbox/readmessage.php&t=1038232132945&mid=108433eG55772a5cG4f8b36G0

"STM PERKAPALAN SIDOARJO (ALUMNI)" mengirimi Anda pesan di Facebook...

Juan Valentinoz mengirim pesan kepada anggota STM PERKAPALAN SIDOARJO (ALUMNI).

--------------------
Subjek: Konsep Reuni AKBAR SMKN 3 BUDURAN ( PERKAPALAN )

Konsep Reuni AKBAR SMKN 3 BUDURAN ( PERKAPALAN )


Pendahuluan

Idealnya, banyak kakak-kakak alumni yang tergabung dalam forum FB yang setuju dengan diadakannya Reunian,Maka dalam kegiatan ini kita melebarkan tahun angkatan. Misal sedikit-banyak ada yang dari angkatan 1,2, dst. Yang pada pergaulan sehari-hari, jarang membaur seolah antar angkatan tidak pernah berkomunikasi semoga dengan adanya forum ini kita dapat merapatkan barisan dan mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi hingga akhir hayat, amien..
Saudara seangkatan, juga kakak-kakak alumni, sehubungan dengan akan diadakannya rencana Reuni yang akan kita adakan adapun konsep yang masih perlu direvisi dan tanggapan dari kakak-kakak alumni yang mungkin lebih berpengalaman dalam membuat konsep acara agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.


Konsep Reuni

Konsep Reuni adalah TEMU KANGEN, dengan selingan hiburan NYANYI , CANDA., dan NOSTALGIA. Kalaupun ada Agenda yang agak idealis, membentuk kegiatan Comunity yg lebih baik, dan lainnya, akan dibicarakan di sesi Serius, di antara waktu kangenan, yang akan ditindak lanjuti ataupun spontanitas.

Untuk memenuhi kebutuhan Nyanyi dan Canda Selama Reuni, agar Kesannya sangat mendalam, maka panitia akan membuat sistim pengumpulan data, yang akan disampaikan via email dalam kurun persiapan sampai pelaksanaan Reuni.


Time Table Kegiatan

1.
a. Membentuk tim Team Panitia Pelaksana dan Formatur Acara
b. Menentukan Pilihan Waktu Reuni

2.
a. Draft Proposal dan Kertas kerja
b. Pengumpulan Data Alumni, melalui email dan atau surat-menyurat.
c. Pengumpulan dana
d. Sebar undangan lengkap dengan Profil Acara dan kegiatan Reuni.
e. Final Review





Tentative Acara :

1. Pembukaan

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

3. Sambutan-sambutan
a. Ketua Panitia
b. Wakil SMKN 3 BUDURAN
c. Wakil Alumni SMKN 3 BUDURAN

4. Pemberian Kenang-kenangan

5. Napak Tilas
Interaksi Personal
Halal-bi-Halal dan saling bersalaman.

6. Hiburan – Nyanyi dan Canda

7. Makan Siang

8. Hiburan – Nyanyi dan Canda

9. Door Prize & Foto Bersama

10. Penutupan .

11. Selesai


ini adlah rencana konsep reuni yg akan kita adakan...
kritik dan saran serta tambahan atau mungkin yg lain2nya aquw tunggu n qt bahas bersama2 d dalam forum ini.
terima kasih atas perhatiannya...
wassalam....
--------------------

Untuk membalas pesan ini, ikuti tautan di bawah ini:
http://www.facebook.com/n/?inbox/readmessage.php&t=1084181398726&mid=1088d07G55772a5cG4fb0dfG0

Fasisme di Jerman,

Dalam PD I Jerman mengalami kekalahan dan penderitaan yang hebat. Namun, di bawah kepemimpinan Adolf Hittler Jerman mulai bangkit. Melalui Partai Nazi, Adolf Hittler membangun Jerman kembali. Jerman menganut paham Chauvinisme yaitu paham yang menganggap dirinya lebih unggul dari ras lainnya. Selain itu juga menganut totaliterisme yaitu paham yang melaksanakan prinsip bahwa semua diutus oleh negara. Rakyat tidak memiliki kebebasan.....
....Selengkapnya >>>Fasisme

Fasisme di Jepang

Munculnya fasisme Jepang tidak dapat dipisahkan dari Restorasi Meiji. Berkat Restorasi Meiji, Jepang berkembang menjadi negara industri yang kuat. Majunya industri tersebut membawa Jepang menjadi negara imperialis. Jepang menjadi negara fasis dan menganut Hakko I Chiu.
Fasisme di Jepang dipelopori oleh Perdana Menteri Tanaka, masa pemerintahan Kaisar Hirohito dan dikembangkan oleh Perdana Menteri Hideki Tojo.
Untuk memperkuat kedudukannya sebagai negara fasis, Kaisar Hirohito melakukan beberapa hal berikut.
1) Mengagungkan semangat bushido.
2) Menyingkirkan tokoh-tokoh politik yang anti militer.
3) Melakukan perluasan wilayah ke negara-negara terdekat seperti Korea, Manchuria, dan Cina.
4) Memodernisasi angkatan perang.
5) Mengenalkan ajaran shinto Hakko I Chiu yaitu dunia sebagai satu keluarga yang dipimpin oleh Jepang.
Berkembangnya negara-negara fasis seperti Italia, Jerman, dan Jepang membuat situasi politik di kawasan Eropa semakin menghangat, dan diwarnai dengan ketegangan yang mendorong terjadinya Perang Dunia II.

Semangat bushido yang diagungkan dalam fasisme Jepang diartikan sebagai semangat berani mati. Semangat ini juga mencerminkan etos yang tinggi.

Persewaan Alat PestaKoleksi Abaya-Busana MuslimKerudung Murah okRek.com · DutaPulsa

dari buku sekolah

Fasisme di Italia

Fasisme di Jerman



..Besi Beton Murah

Pengguna Fesbuk hati2 lah.. Ada Virus

dari milis sebelah...

PRODUSEN solusi sekuriti McAfee mengungkapkan, Facebook telah terinfeksi virus bernama Koobface. Virus itu mampu mencuri informasi seperti data kartu kredit pengguna Facebook.

"Para pengguna Facebook harus tetap menerapkan prinsip komputasi aman yang sudah diajarkan sejak 10 tahun silam, yakni jangan pernah membuka attachment dari e-mail yang dikirimkan orang tidak dikenal," ujar peneliti McAfee Inc Craig Schmugar.

Ketika PC (personal computer) seorang pengguna Facebook sudah terinfeksi Koobface, maka Koobface membaca daftar teman pengguna tersebut. Koobface kemudian menggandakan diri dengan cara mengirimkan e-mail berisi salinan dirinya ke teman-teman pengguna yang telah terinfeksi. Proses penggandaan itu tentu saja tidak diketahui pengguna karena berlangsung secara otomatis dan rahasia.

Reaksi berantai pun terjadi. Penggandaan dan infeksi terus terjadi ketika pengguna Facebook yang lengah membuka attachmentyang berisi virus tersebut. Pengguna yang awam kesulitan mendeteksi ancaman virus itu karena virus tersebut menyamar sebagai file bernama flash_player.exe.

"Virus itu membujuk pengguna untuk mengklik attachment itu dengan mengatakan bahwa Flash Player pengguna sudah ketinggalan zaman. Ketika update palsu yang mengaku berasal dari Adobe Systems Inc itu diklik, maka PC pengguna pun terinfeksi.

Ketika pengguna Facebook telah terinfeksi, maka setiap kali pengguna mencoba membuka situs-situs pencarian seperti Google, Yahoo, MSN, Live.com, maka pengguna diarahkan situs-situs lain yang telah terkontaminasi.

Juru bicara Facebook Barry Schnitt mengaku sudah mengetahui penyebaran virus Koobface melalui situs jejaring sosial tersebut. Schnitt pun mengakui bahwa sejumlah kecil pengguna Facebook sudah terinfeksi.

"Beberapa virus lain juga sudah mencoba menggandakan diri melalui Facebook," tandas Schnitt.

Schnitt menambahkan, ini bukan upaya pertama dari virus Koobface untuk menyebarkan diri melalui Facebook. Pada Agustus silam, varian pertama virus Koobface sudah mencoba menyebarkan diri melalui situs itu tapi berhasil ditumpas oleh Facebook.

Schmugar mengungkapkan, situs jejaring sosial menjadi wahana baru untuk penyebaran virus karena pengguna situs jejaring sosial cenderung menurunkan kewaspadaan ketika menerima attachmentdari sesama pengguna. Sebab, mereka beranggapan situs-situs jejaring sosial memiliki sistem keamanan cukup kuat.

Sebagai contoh adalah Facebook. Situs jejaring sosial itu mengharuskan pengirim pesan lebih dulu menjadi anggota sebelum dapat mengirimkan pesan dan orang yang tidak menjadi anggota Facebook tidak dapat membuka data anggota Facebook. Sistem sekuriti itu membuat para pengguna Facebook yakin bahwa virus tidak akan dapat menyebar melalui Facebook.

Namun, fakta berbicara beda. Salah seorang pengguna Facebook yang terinfeksi Koobface adalah Chief Executive Officer RLM Public Relations Richard Larmer. Dia mengaku sudah membuang PC-nya yang terinfeksi Koobface.

"Komputer saya hancur setelah terinfeksi Koobface," ucap Larmer.

Produk Cantik Ok Rek

Perhiasan dari Martapura