Seluruh Arsip

Sejarah Google

Halaman utama Google menampilkan desain sederhana yang telah membantu mempopulerkannya.

Mesin pencari Google menarik perhatian diantara jumlah pengguna Internet yang terus meningkat, yang menyukai desain simpelnya dan penggunaannya. Pada tahun 2000, Google mulai menjual iklan yang dikaitkan dengan kata kunci pencarian. Iklan tersebut hanya berupa teks polos untuk menjaga sebuah desain halaman yang teratur dan untuk meningkatkan kecepatan pemunculan halaman. Kata kunci dijual berdasarkan pada kombinasi tawaran harga dan jumlah klik, dengan penawaran dimulai pada $.05 per klik. Model penjualan iklan kata kunci dirintis oleh Goto.com (akhirnya merubah nama menjadi Overture Services, sebelum diambil alih oleh Yahoo! dan diganti merek menjadi Yahoo! Search Marketing). Sementara berbagai pesaing dot-comnya gagal dalam pasaran Internet baru, Google memperkuat pengaruhnya untuk meningkatkan pendapatan.

Nama "Google" berasal dari ucapan "googol" yang salah, yang merujuk pada 10100 (angka yang itunjukkan oleh 1 yang diikuti oleh seratus nol). Setelah kata ini menjadi ucapan sehari-hari, kata "google", dimasukkan dalam Merriam Webster Collegiate Dictionary dan Oxford English Dictionary pada 2006, yang berarti "menggunakan mesin pencari Google untuk memperoleh informasi di Internet."

Sebuah paten yang menggambarkan bagian dari mekanisme penilaian Google (Page Rank) disetujui pada 4 September 2001. Paten ini secara resmi ditetapkan oleh Universitas Stanford dan memasukkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.

Berawal dari pertemuan dua pendirinya Larry Page dan Sergei Brin di musim panas 1995 silam yang kelak melahirkan sebuah alat pencari (mereka menyebutnya search tool) bernama BackRub, registrasi domain google.com yang pada awalnya dijalankan di garasi, memperkejakan seorang pegawai, hingga akhirnya sekarang merajai dunia internet dengan jumlah pegawai lebih kurang 20.000 orang dan jutaan mesin komputer dan server di seluruh dunia. Bahkan beberapa waktu lalu ketika majalah Forbes mengumumkan daftar orang terkaya di Amrik, beberapa nama dari googleInc. berhasil mencatatkan namanya dalam 100 besar. Wow, benar-benar hebat.

Tapi tahukah Anda beberapa fakta penting sejarah perjalanan Google? Hmm… kalau belum silakan melanjutkan membaca artikel ini, karena di bawah ini ada beberapa fakta bersejarah dalam perjalanan Google. Here they are

Musim panas 1995, Larry Page, ketika itu berusia 24 tahun, seorang lulusan University of Michigan bertemu dengan Sergei Brin, kala itu berusia 23 tahun, di Stanford University.

Januari 1996, Larry Page dan Sergei Brin lulus dari jurusan Ilmu Komputer Stanford University dan mulai berkolaborasi mengembangkan search engine bernama BackRub.

Februari 1996, BackRub telah beroperasi di server milik Stanford lebih kurang satu tahun, menghabiskan terlalu banyak bandwidth.

15 September 1997, Larry dan Sergei memutuskan untuk mengganti nama BackRub. Dan nama yang mereka pilih adalah Google, sebuah permainan kata “googol”, sebuah istilah matematika untuk angka yang diwakili oleh angka 1 diikuti 100 angka nol. Pada saat ini juga mereka mendaftarkan nama domain google.com.

Agustus 1998, Bechtolsheim salah satu co-founder Sun, menjadi investor pertama yang menanamkan modal di Google. Kala itu beliau memberikan cek senilai $ 100.000 tatkala google.com masih berstatus beta.

4 Agustus 1998, seorang analis search engine bernama Danny Sullivan dalam laoprannya berjudul “Counting Clicks and Looking at Links”, mengatakan bahwa orang-orang akan senang dengan hasil pencarian yang mereka lakukan di Google.

September 1998, Google menyewa sebuah garasi di Silicon Valley sebagai ruang kerja.

4 September 1998, Google resmi menjadi sebuah perusahaan. Tidak lama setelahnya Larry dan Sergei membuka sebuah akun bank dengan nama perusahaan baru mereka dan mendepositokan dana dari Bechtolsheim.

20 September 1998, spesikasi teknis tentang Google dimasukkan dalam halaman “About” Google versi Stanford.

21 September 1998, Craig Silverstein menjadi pegawai pertama perusahaan Google.

11 November 1998, sebuah prototipe Google diluncurkan di server Stanford.

Desember 1998, Google menjadi search engine nomor wahid dalam Top 100 Websites PC Magazine.

Sejak tahun 1998 Google telah menjadi rajanya search engine, dan belakangan ini perusahaan ini mulai mengembangkan sayapnya ke beberapa bidang lainnya. Akankah Google merajai dunia komputasi juga? Kita tunggu saja.

Sumber: Wikipedia.org, google,terminal lama.com

2. Guna igoogle: berfungsi sebagai situs jaringan social bagi para penggunanya

Guna google documents: berfungsi ...

Guna google calender: melihat kalender hari’’ penting di dunia

Guna google directory: ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Cantik Ok Rek

Perhiasan dari Martapura