Seluruh Arsip

Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sifat Benda [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]


Pernahkah kamu memerhatikan ibumu ketika memasak air? Air dimasak sampai mendidih. Apakah sifat-sifat air sebelum dan sesudah mendidih ada perubahan? Jika kamu memasukkan bahan makanan ke dalam lemari es, apakah makanan tersebut berubah sifat-sifatnya?

Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan sifat benda dapat disebabkan oleh pemanasan, pendi nginan, atau pembakaran. Apakah benda yang mengalami pemanasan, pendinginan, atau pembakaran akan berubah sifat?

1. Pemanasan
Ketika Ibumu memasak air, air tersebut mengalami peningkatan suhu. Air yang asalnya dingin berubah menjadi panas. Setelah itu, air mendidih. Ketika mendidih, uap air akan keluar dari panci. Salah satu sifat air adalah jika air dipanaskan, suhunya akan meningkat atau panas.
Jadi, benda jika dipanaskan akan berubah sifatnya.

2. Pendinginan
Air yang dimasukkan ke dalam ruang pembeku (freezer) dalam lemari es, akan membeku. Salah satu sifat air jika didinginkan sampai suhu nol derajat celsius lama-kelamaan suhunya akan menurun. Air tersebut berubah men jadi es batu.

3. Pembakaran




--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/30/2012 06:57:00 PM

Potensi Sosial Budaya

Potensi sosial budaya merupakan potensi yang terdapat di kehidupan masyarakat. Berbagai jenis kesenian daerah dan adat istiadat merupakan  contoh potensi sosial budaya.


a. Kesenian daerah
Bentuk-bentuk kesenian yang dapat menjadi potensi suatu daerah antara lain:

1) Seni tari tradisional
Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas dan unik.
Contohnya Tari Piring dari Sumatera Barat, Tari Kecak dari Bali dan Tari Nelayan dari Maluku.

2) Seni pertunjukan
Seni pertunjukan disebut juga dengan seni pentas. Drama, wayang serta teater merupakan contoh seni pertunjukan. Contoh seni pertunjukan di Indonesia adalah Wayang Golek (Jawa Barat), Lenong (Betawi), dan Ogoh-ogoh (Bali)


3) Seni musik tradisional..........

BUSANA MUSLIMAH (Cerpen) [Tulisan baru]


BUSANA MUSLIMAH (Cerpen)


Berikut cerita tentang busana muslimah yang tidak biasa seperti diartikan orang sebagai jenis pakaian yang banyak dikembangkan di Indonesia, melainkan tentang busanamuslimah yang lain namun mengandung busana muslim itu sendiri juga.                    Di kota yang semakin berkembang seperti saat ini, banyak wanita yang beralih pekerjaan dari ibu rumah tangga menjadi pebisnis, ada yang berbisnis mie batangan sampai ke besi batangan, [...]

Baca tulisan ini lebih lanjut

2012/01/27 pada 19:55 | Tag: Bahasa Indonesia, Cerita, Cerpen | Categories: Bahasa Indonesia, Cerita, Cerpen | URL: http://wp.me/p5Ro9-13y
Oleh Ayuna Kusuma (27-01-2012)

Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan

Alat Pencernaan Manusia, Makanan, dan Kesehatan

by Afandi

1. Alat Pencernaan Manusia Mengapa kita perlu makan? Tubuh kita memerlukan makanan untuk pertumbuhan dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, seperti sekolah, belajar, dan bermain, tubuhmu memerlukan makanan bergizi. Agar makanan  yang bergizi dapat diserap oleh tubuhmu dengan baik, alat pencernaanmu harus dalam keadaan sehat. Di dalam alat pencernaan itulah zat-zat makanan diolah terlebih dahulu, kemudian diserap oleh [...]

Baca tulisan ini lebih lanjut

2012/01/27 pada 18:24 | Tag: Biologi, Kesehatan | Categories: IPS, Kesehatan | URL: http://wp.me/p5Ro9-13v

Kelengkapan dan Kegiatan Koperasi



Tulisan baru pada Forum Positif dari 

Kelengkapan dan Kegiatan Koperasi


Koperasi memiliki tiga kelengkapan yaitu, rapat anggota, pengurus, dan pengawas.   1. Rapat anggota Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Rapat anggota berhak meminta keterangan dan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas mengenai pengelolaan koperasi. Rapat anggota diadakan paling sedikit sekali dalam setahun. Hal yang dilakukan dalam rapat anggota tahunan antara lain: a. Menetapkan anggaran dasar b. Memilih, mengangkat dan [...]
Baca tulisan ini lebih lanjut
Afandi | 2012/01/27 pada 06:16 | Tag: Ekonomi, Koperasi | Categories: Ekonomi, IPS | URL: http://wp.me/p5Ro9-13p

Jantung - [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

Di manakah letak jantungmu? Jantungmu terletak di bagian kiri rongga dadamu. Ukuran jantung sangat kecil. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar satu kepal tangan orang dewasa.
Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi (kanan dan kiri) dan bilik (kanan dan kiri). Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memiliki otot yang tebal dan kuat. Otot yang tebal berkaitan dengan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Bagaimana darah dapat beredar ke seluruh tubuh? Darah dapat beredar melalui sistem peredaran darah.

Darah beredar di dalam tubuh melalui dua sistem peredaran darah, yaitu

a. Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru-paru, kemudian kembali lagi ke jantung. Darah yang menuju paru-paru mengandung karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen.

b. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.


--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/25/2012 06:24:00 PM

Alur, Sudut Pandang, dan Amanat Cerita Pendek

Alur, Sudut Pandang, dan Amanat Cerita Pendek

Afandi Kusuma di Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah - 4 menit yang lalu
Setiap orang yang mengikuti sebuah tayangan cerita, baik film atau sinetron, biasanya enggan ketinggalan, meskipun hanya satu episode. Karena cerita, baik dalam bentuk film, sinetron, maupun cerpen, dibuat atas jalinan peristiwa yang saling bersambungan. Jadi, kalau ketinggalan satu episode, berarti jalan cerita akan terputus. *1. Alur atau Plot* Sebagaimana yang dibicarakan di atas, alur atau plot adalah jalinan peristiwa yang sambung-menyambung membentuk sebuah cerita. Biasanya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita itu saling berhubungan dengan hubungan sebab-akibat. Alur cerit... lainnya » 

Bermain Sambil Belajar [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini/ Anggani Sudono/PT Gramedia/2000/149+viii halaman.

Buku ini ditulis untuk konsumsi "guru". Guru yang dimaksud meliputi orang tua, pendidik di suatu lembaga pendidikan (sekolah/formal), calon pendidik formal, dan pengasuh di TPA.

Buku yang terdiri atas tujuh bab ini menguraikan tentang:
(1) pengertian bermain dalam pendidikan anak,
(2) berbagai sumber belajar dan alat permainan,
(3) pengelolaan sumber belajar dan penggunaan alat permainan,
(4) pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar dan alat permainan sesuai perkembangan anak,
(5) pembuatan alat permainan dan sumber belajar,
(6) berbagai kegiatan, alat permainan dan sumber belajar di daerah perkotaan, pedesaan, dan daerah pantai, serta
(7) evaluasi alat permainaan, sumber belajar, dan beberapa cara penilaian pada waktu anak bermain. Melalui buku ini, "guru" dipandu untuk mengerti dan menyelenggarakan kegiatan bermain sebagai upaya pembelajaran anak usia dini (3,6 tahun). Penulis menguraikan berbagai alat permainan sebagai sumber belajar.

Alat permainan yang telah disesuaikan dengan lingkungan siswa ini selain dapat dibeli juga dapat dibuat sendiri ....

Baca Selengkapnya.... 

Sumber: Buletin Pusat Perbukuan, Depdiknas Vol. VIII Th 2003


--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/23/2012 08:38:00 PM

Struktur Organisasi Pemerintahan Kabupaten [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah]

Pemerintahan kabupaten terdiri atas pemerintah kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten. Pemerintah kabupaten terdiri atas bupati dan perangkatnya. Perangkat daerah kabupaten terdiri atas sekretariat daerah, sekretariat DPRD, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan.




a. Bupati
Pada dasarnya, bupati memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD kabupaten. Bupati dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat di kabupaten setempat. Bupati merupakan jabatan politis (karena diusulkan oleh partai politik).

b. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.


c. Sekretariat Daerah
Sekretariat daerah dipimpin oleh sekretaris daerah. Tugas sekretaris daerah adalah membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.


d. Sekretariat DPRD
Tugas sekretariat DPRD antara lain:
1) Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD.
2) Menyelenggarakan administrasi keuangan DPRD.
3) Mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.
4) Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan
DPRD dalam pelaksanaan fungsinya sesuai kemampuan daerah.

e. Polisi Pamong Praja
Tugas polisi pamong praja adalah memelihara ketenteraman dan ketertiban umum serta merupakan penegak peraturan daerah.

f. Kecamatan
Kecamatan merupakan bagian dari wilayah kabupaten. Kecamatan dipimpin oleh seorang camat. Wilayah kecamatan terdiri atas beberapa desa/kelurahan.




g. Kelurahan
Wilayah kelurahan terdapat di daerah kota. Kelurahan adalah wilayah kerja lurah. Kelurahan merupakan perangkat kabupaten/kota di bawah kecamatan.


h. Dinas Daerah
Dinas daerah adalah unsur pelaksana otonomi daerah yang dipimpin oleh kepala dinas. Kepala dinas diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah. Contoh dinas daerah antara lain dinas pendidikan, dinas pekerjaan umum, dinas kesehatan, dinas pendapatan daerah, dan sebagainya.


i. Lembaga Teknis Daerah
Lembaga teknis daerah merupakan unsur pendukung tugas kepala daerah dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan daerah yang sifatnya spesifik yang berbentuk badan, kantor, atau rumah sakit umum daerah.
Berikut ini contoh lain struktur organisasi pemerintahan kabupaten.




--
Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/21/2012 04:13:00 PM

Paduan warna yang bisa diaplikasikan dalam pemesanan [Desain dan Produksi Mode dan Busana]


Berikut ini adalah paduan warna yang sekarang sedang diminati oleh banyak orang. Anda bisa mengaplikasikan warna ini untuk pemesanan batik atau nonbatik. ^_____^ agar busana yang anda pesan lebih cantik dan sesuai dengan kesukaan anda.
 














--
Posting oleh Sweet Uchi ke Desain dan Produksi Mode dan Busana pada 1/21/2012 01:26:00 PM

[Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah] Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Provinsi

Provinsi adalah nama sebuah pembagian wilayah administratif di bawah wilayah nasional. Kata ini merupakan kata pungutan dari bahasa Belanda provincie yang berasal dari bahasa Latin dan pertama kalinya digunakan di kekaisaran Romawi. Mereka membagi wilayah kekuasaan mereka atas provincie.
Dalam pembagian administratif, Indonesia terdiri atas 33 provinsi yang masing-masing provinsi dikepalai oleh seorang gubernur. Masing-masing provinsi dibagi atas kabupaten dan kota. Sebelum tahun 2000 Indonesia memiliki 27 provinsi. Namun, setelah pada masa reformasi, banyak provinsi yang dimekarkan menjadi dua bagian yang rata-rata provinsi mempunyai luas daerah yang cukup besar. Pemekaran bertujuan agar mendapatkan efisiensi dalam penerapan pemerataan pembangunan.Pembagian wilayah pemerintahan contohnya Daerah Istimewa Yogyakarta yang terbagi dalam 4 kabupaten yaitu Bantul, Sleman, Kulonprogo, dan Gunung Kidul, serta 1 kota yaitu Yogyakarta.
Gubernur dan wakil gubernur dipilih langsung oleh penduduk provinsi melalui pemilihan umum kepala daerah. Gubernur memiliki kedudukan ganda, maksudnya adalah gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah provinsi dan gubernur sebagai kepala daerah otonom. Dalam kedudukannya sebagai wakil pemerintah pusat, gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Sedangkan gubernur dalam kedudukannya sebagai kepala daerah otonom bertanggung jawab kepada rakyat melalui DPRD provinsi.


Gubernur memiliki tugas dan wewenang antara lain:
a. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota.
b. Koordinasi penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah provinsi dan kabupaten/kota.
c. Koordinasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas pembantuan di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Pendanaan tugas dan wewenang gubernur dibebankan kepada APBN. Kedudukan keuangan gubernur diatur dalam peraturan pemerintah. Tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang gubernur diatur juga dalam peraturan pemerintah. Gubernur dalam menjalankan tugasnya mempunyai kewajiban antara lain:
a. Mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Memegang teguh Pancasila dan UUD 1945.
c. Menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.
d. Meningkatkan taraf kesejahteraan rakyat.
e. Memelihara keamanan, ketertiban, dan ketenteraman masyarakat.
f. Bersama dengan DPRD provinsi membuat peraturan daerah.
g. Memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD provinsi.

Urusan wajib yang menjadi kewenangan pemerintahan daerah provinsi merupakan urusan dalam skala provinsi yang meliputi:
a. Perencanaan dan pengendalian pembangunan.
b. Perencanaan, pemanfaatan, dan pengawasan tata ruang.
c. Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.
d. Penyediaan sarana dan prasarana umum.
e. Penanganan bidang kesehatan.
f. Penyelenggaraan pendidikan dan alokasi sumber daya manusia potensial.
g. Penanggulangan masalah sosial lintas kabupaten/kota.
h. Pelayanan bidang ketenagakerjaan lintas kabupaten/kota.
i. Fasilitas pengembangan koperasi, usaha kecil, dan menengah termasuk lintas kabupaten/kota.

j. Pengendalian lingkungan hidup.

k. Pelayanan pertanahan termasuk lintas kabupaten/kota.
l. Pelayanan kependudukan dan catatan sipil.
m. Pelayanan administrasi umum pemerintahan.
n. Pelayanan administrasi penanaman modal termasuk lintas kabupaten/kota.
o. Penyelenggaraan pelayanan dasar lainnya yang belum dapat dilaksanakan oleh kabupaten/kota.
p. Urusan wajib lainnya yang diamanatkan oleh peraturan perundangundangan.

Urusan pemerintahan provinsi yang bersifat pilihan meliputi urusan pemerintahan yang secara nyata ada dan berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan.
Dalam provinsi terdapat DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Dalam menjalankan tugasnya DPRD mempunyai fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Fungsi legislasi adalah legislasi daerah yang merupakan fungsi DPRD provinsi untuk membentuk peraturan daerah provinsi bersama dengan gubernur. fungsi anggaran adalah fungsi DPRD provinsi bersama-sama dengan pemerintah daerah untuk menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
Sedangkan fungsi pengawasan adalah fungsi DPRD provinsi untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang, peraturan daerah, dan keputusan gubernur, serta kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah. DPRD provinsi mempunyai tugas dan wewenang antara lain:
a. Membentuk perda yang dibahas dengan gubernur.
b. Membahas dan menyetujui rancangan perda tentang APBD bersama dengan gubernur.


Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/20/2012 03:54:00 PM

Re: [Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah] Lembaga-lembaga dalam Susunan Pemerintahan Kabupaten/ Kota

Lembaga-lembaga yang ada dalam pemerintahan kabupaten/kota antara lain:

a. Bupati/walikota, adalah kepala daerah. Bupati adalah pimpinan pemerintahan kabupaten, sedangkan walikota adalah pimpinan pemerintahan kota. Dalam menjalankan tugasnya bupati dan walikota dibantu oleh wakil bupati dan wakil walikota.

b. DPRD, adalah mitra kerja dari bupati/walikota. Dalam menjalankan tugasnya, DPRD disebut sebagai lembaga legislatif. DPRD kabupaten/kota mempunyai tugas mengawasi jalannya pemerintahan di kabupaten/kota. Selain DPRD juga bertugas untuk membuat peraturan daerah dan menetapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBD).

c. Kepolisian resort (polres), merupakan lembaga kepolisian yang berada di tingkat kabupaten/kota. Polres dipimpin oleh seorang kepala kepolisian resort yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kabupaten/kota.

d. Komando distrik militer (kodim), adalah lembaga militer yang berada di tingkat kabupaten/kota. Dipimpin oleh komandan distrik militer (dandim). Kodim bertugas menjaga keutuhan wilayah kabupaten/kota dari ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar wilayah kabupaten/kota.

e. Pengadilan negeri, merupakan lembaga peradilan yang berada di tingkat kabupaten/kota. Pengadilan negeri adalah tempat untuk mengadili perkara dan tempat orang mencari keadilan. Pengadilan negeri merupakan pengadilan tingkat pertama. Pengadilan negeri dipimpin oleh seorang hakim.

f. Kejaksaan negeri, merupakan lembaga kejaksaan yang berada di tingkat kabupaten/kota. Kejaksaan negeri dipimpin oleh seorang jaksa. Jaksa bertugas menuntut perkara.

Dari Buku Sekolah

Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/18/2012 03:49:00 PM

[Tulisan baru] Subhanallah al ‘adhim. astaghfirullah


Subhanallah al 'adhim. astaghfirullah


Subhanallah al 'adhim. astaghfirullah wasabbih bil'asyiyi wal ibkaar (Q.3:41) (bertasbihlah diwaktu petang dan pagi hari) fasabbih bihamdi robbika wa kumminas saajidiin (15:98) (maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang yg bersujud) wasabbih bihamdi robbika qobla thuluu'isy syamsi waqobla ghuruubiha, wamin 'anaa'il laili fasabbih wa athroofan nahaar (20:130) (bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, [...]

Baca tulisan ini lebih lanjut

Afandi | 2012/01/18 pada 06:59 | Tag: Agama, Nasehat | Categories: Agama, Nasehat | URL: http://wp.me/p5Ro9-135

[Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah] (2) Latihan Soal IPA SD kelas 5, untuk menghadapi ujian nasional dari bank soal

A. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Lapisan permukaan bumi yang sering kita pijak adalah ....
a. tanah
b. rumput
c. batu
d. kebun

2. Berikut ini, yang tidak termasuk lapisan tanah adalah ....
a. lapisan atas
b. lapisan tengah
c. lapisan batuan induk
d. tebing

3. Tanah humus adalah tanah yang ....
a. sukar menyerap air
b. kurang baik untuk lahan pertanian
c. butiran tanahnya halus
d. berasal dari pelapukan sisa hewan atau tumbuhan

4. Proses pengikisan tanah disebut ....
a. reboisasi
b. terasering
c. erosi
d. sengkedan

5. Batuan akan berubah menjadi tanah setelah mengalami proses ....
a. pengeringan
b. pelapukan
c. pembekuan
d. pemanasan

6. Daratan yang sangat luas di permukaan bumi adalah ....
a. benua
b. gunung
c. dataran tinggi
d. dataran rendah

7. Jurang yang sangat dalam di dalam laut disebut ....
a. bukit laut
b. gunung laut
c. lereng
d. palung laut

8. Bagian dari lautan yang menjorok ke daratan adalah ....
a. tanjung
b. teluk
c. pantai
d. samudra

9. Bentuk permukaan bumi yang dibuat dalam bidang datar disebut ....
a. globe                 c. atlas
b. peta                 d. katalog

10. Air yang menguap berubah menjadi awan. Setelah mengalami  proses pendinginan, awan ini berubah menjadi butir-butir air. Peristiwa ini disebut ....
a. menyublim
b. menguap
c. membeku
d. tidak ada jawaban yang benar

11. Tiruan bola bumi yang mirip dengan bentuk bumi yang sebenarnya disebut ....
a. globe                 c. atlas
b. peta                 d. katalog

12. Kegiatan manusia yang menyebabkan daur air terganggu adalah, kecuali ....
a. penebangan pohon secara liar
b. penutupan jalan dengan beton
c. penanaman kembali hutan yang gundul
d. tidak ada jawaban yang benar

13. Jenis tanah baik untuk per tanian adalah ....
a. tanah lempung
b. tanah liat
c. tanah pasir
d. tanah vulkanik

14. Untuk mencegah terjadinya erosi, pada lahan miring harus dilakukan ....
a. pencangkulan
b. terasering
c. reboisasi
d. semua jawaban benar

15. Tindakan berikut merupakan upaya menghemat air adalah ....
a. membiarkan ember diisi air hingga tumpah
b. mencuci mobil langsung dari kran
c. menggunakan air sepuasnya
d. ketika menyiram bunga, yang disiram hanya tanah di sekitar ta namannya

B. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Lapisan tanah yang terbentuk dari campuran antara hasil pelapukan batuan dan air adalah ....
2. Tanah berasal dari sisa hewan dan tumbuhan yang membusuk adalah ....
3. Terkikisnya tanah di pesisir pantai oleh air laut disebut ....
4. Tanah yang cocok untuk membuat kerajinan tangan seperti pot bunga adalah ....
5. Hasil pemotretan pesawat Apolo menunjukkan bahwa bumi berbentuk ....
6. Tanah yang tinggi, bentuknya menyerupai kerucut disebut ....
7. Kumpulan peta dalam bentuk buku disebut ....
8. Daur air akan terus terjadi selama ada ....
9. Bagian daratan yang menjorok ke laut disebut ....
10. Di Lembang, tanahnya subur untuk menanam sayuran karena jenis tanahnya adalah ....


C. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Bagiamana proses pembentukan tanah?
2. Sebutkan ciri-ciri tanah vulkanik.
3. Bagaimana terjadinya daur air? Jelaskan.
4. Upaya apa yang harus dilakukan untuk menghemat air?
5. Apa saja kegiatan manusia yang memengaruhi daur air?

D. Pilihlah jawaban yang benar.
1. Benda berikut yang tidak dapat ditarik oleh magnet adalah ....
a. paku                 c. kertas
b. jarum                 d. logam besi

2. Tertariknya suatu logam oleh logam lain adalah contoh ....
a. magnet                 c. gesek
b. pegas                 d. gravitasi

3. Benda yang dilempar ke atas akan jatuh kembali ke tanah karena ....
a. dipengaruhi gravitasi bumi
b. ditarik magnet bumi
c. benda memiliki berat
d. benda berbentuk padat

4. Sekrup merupakan contoh pesawat seder hana berbentuk ....
a. pengungkit            c. roda
b. bidang miring        d. katrol

5. Benda yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri disebut ....
a. benda bening
b. benda gelap
c. sumber cahaya
d. cermin

6. Pensil yang disimpan di dalam gelas yang berisi air terlihat bengkok. Ini menunjukkan .....
a. cahaya merambat lurus
b. cahaya menembus benda bening
c. cahaya dapat dipantulkan
d. cahaya dapat dibiaskan

7. Penderita rabun jauh tidak bisa melihat jelas benda yang jauh karena ....
a. bayangan benda jatuh di depan retina
b. bayangan benda jatuh di belakang retina
c. bentuk benda kecil
d. letak benda melebihi jarak pandang

8. Bagian mata berfungsi untuk menyampaikan informasi ke otak ada lah ....
a. pupil                 c. otot mata
b. iris                   d. saraf mata

9. Alat optik yang digunakan untuk melihat bakteri yang berukuran kecil
adalah ....
a. lup                            c. teleskop
b. mikroskop                 d. periskop

10. Yang termasuk benda gelap adalah ....
a. kaca                    c. air ledeng
b. plastik                 d. bola

11. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah ....
a. lebih kecil dari aslinya
b. sama besar dengan aslinya
c. lebih terang dari aslinya
d. lebih besar dari aslinya

12. Periskop yang kamu buat terbuat dari kardus dan ....
a. satu buah cermin datar
b. dua buah cermin datar
c. tiga buah cermin datar
d. empat buah cermin datar

13. Kerugian akibat kebakaran hutan, kecuali ....
a. hutan gundul
b. rusaknya perumahan penduduk
c. polusi udara
d. matinya hewan

14. Bagian laut yang memisahkan dua daratan yang berdekatan disebut ....
a. tanjung              c. teluk
b. selat                 d. benua

17. Bagian dari kamera yang memiliki fungsi sama dengan iris mata adalah ....
a. diafragma                        c. lensa
b. film                                 d. cermin

19. Bencana alam akibat kelalaian memelihara
daur air, antara lain ....
a. kekeringan
b. kebakaran hutan
c. gempa Bumi
d. serangan hama tumbuhan

20. Keuntungan katrol tetap sebagai alat untuk mempermudah kerja adalah ....
a. arah gaya dapat diubah
b. beban menjadi lebih ringan
c. beban lebih mudah diangkat
d. gaya yang digunakan kecil

21. Pemantulan sempurna terjadi jika ca haya mengenai ....
a. dinding penghalang yang halus atau rata
b. dinding penghalang yang kasar
c. dinding tembok
d. dinding meja

23. Faktor yang memengaruhi gaya gravitasi adalah ....
a. bentuk benda
b. warna benda
c. berat benda
d. jenis benda

24. Jendela umumnya menggunakan kaca karena kaca merupakan benda yang ....
a. dapat ditembus cahaya
b. memberikan keindahan
c. mudah didapat dan murah harganya
d. mudah dipakai dan tahan lama

25. Baju yang dipakai berwarna hijau karena ....
a. benda tersebut menyerap warna hijau saja
b. benda tersebut memantulkan semua cahaya
c. semua warna cahaya diserap oleh benda itu
d. benda tersebut hanya memantulkan
cahaya hijau saja

26. Tanah kebun banyak mengandung ....
a. humus
b. pasir
c. lempung
d. sisa-sisa tumbuhan

27. Peristiwa pembentukan tanah dari batuan disebut ....
a. pelapukan
b. pembakaran
c. pendinginan
d. pengikisan

28. Tanah yang berasal dari material akibat gunung meletus adalah ....
a. tanah humus
b. tanah liat
c. tanah vulkanik
d. tanah gembur

29. Kandungan uap air pada awan akan diubah menjadi hujan jika terjadi proses ....
a. penguapan
b. pemanasan
c. penurunan
d. pendinginan

30. Penutupan permukaan tanah dengan bahan yang tidak menyerap air seharusnya dihindari, karena dapat menyebabkan ....
a. daerah resapan air akan terganggu
b. tanah tidak dapat dimanfaatkan
c. air tidak dapat dimanfaatkan
d. air hujan tidak mengganggu sumur

E. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan disebut ....
2. Benda bisa bergerak karena adanya ....
3. Benda akan bergerak lebih ... di permukaan yang kasar.
4. Bagian dari pengungkit yang terletak antara titik beban dan titik tumpu disebut ....
5. Cahaya dapat merambat lurus jika melewati ....
6. Kemampuan menebal dan memipih pada lensa mata disebut ....
7. Penderita astigmatisma dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa ....
8. Alat yang digunakan untuk meneliti benda-benda di luar angkasa adalah ....
9. Pot bunga merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari ....
10. Tanah terbentuk dari ... yang sudah melapuk.
11. Lapisan tanah yang terdiri atas batuan yang padat disebut ....
12. Sampah yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang telah mati disebut ....
13. Untuk mencegah pengikisan tanah oleh ombak di pesisir pantai, biasanya dilakukan penanaman ....
14. Warna biru pada peta menunjukkan ....
15. Kebakaran hutan akan menyebabkan tanah menjadi ....

F. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Apa yang dimaksud dengan gaya?
2. Apa saja pengaruh yang ditimbulkan oleh gaya?
3. Apa yag dimaksud dengan pesawat sederhana?
4. Jelaskan sifat-sifat cahaya yang kamu ketahui.
5. Apa yang kamu ketahui tentang periskop?
6. Bagaimana proses terjadinya pembentukan tanah?
7. Apa yang dimaksud dengan benua? sebutkan nama-nama benua yang kamu ketahui.
8. Coba jelaskan terjadinya daur air.
9. Apa saja kegiatan-kegiatan manusia yang memengaruhi daur air?
10. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghemat air?

G. Pilihlah jawaban yang benar.
2. Organ pernapasan yang berfungsi sebagai penghubung antara hidung dan paru-paru ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1                 c. 3               
b. 2                 d. 4

3. Hewan yang bernapas dengan paruparu dan pundi-pundi udara adalah ....
a. ikan                   c. katak
b. cacing               d. burung

4. Organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan adalah ....
a. rongga mulut                 c. usus halus
b. lambung                       d. usus besar

5. Proses pencernaan di lambung dibantu oleh enzim ....
a. pepsin                  c. amilase
b. tripsin                 d. lipase

6. Kekurangan yodium pada makanan dapat menyebabkan penyakit ....
a. kwashiorkor
b. gondok
c. busung lapar
d. diare

7. Jantung terdiri atas ... ruang.
a. satu                 c. tiga
b. dua                 d. empat

8. Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan karena tumbuhan memiliki ....
a. plastida
b. epidermis
c. zat hijau daun
d. akar

9. Zat hijau daun disebut juga ....
a. kloroplas                 c. stomata
b. klorofil                    d. xilem

10. Tumbuhan bawang menyimpan cadangan makanan pada ....
a. batang                 c. daun
b. akar                   d. buah

11. Bunglon akan sulit diamati jika berada di pohon karena ....
a. ukurannya sama dengan pohon
b. bentuknya sama dengan pohon
c. ekornya seperti batang pohon
d. warna tubuhnya sama dengan pohon

12. Tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara ....
a. warna bunga menarik
b. menghasilkan kelenjar madu
c. bunganya harum
d. batangnya tebal berongga

13. Kemampuan beradaptasi pada bunglon adalah ....
a. memutuskan ekornya
b. berubah warna tubuh sesuai lingkungan
c. mengeluarkan tinta hitam
d. memiliki duri

14. Kain yang bahannya terbuat dari bulu domba adalah ....
a. kain wol
b. kain katun
c. kain sutra
d. kain famatex

15. Jarum kompas selalu mengarah ke utara dan ke selatan karena ....
a. jarum kompas adalah magnet
b. terbuat dari baja
c. terdapat pegas di dalam kompas
d. dipengaruhi gaya gravitasi

16. Pesawat sederhana berikut merupakan contoh pengungkit adalah ....
a. kapak                  c. eskalator
b. sekrup                 d. sekop

17. Untuk mempermudah mengambil air dari sumur, sebaiknya menggunakan pesawat sederhana jenis ....
a. pengungkit                     c. roda
b. bidang miring                 d. katrol

18. Dasar kolam kelihatan dangkal. Ini menunjukkan bahwa cahaya memiliki sifat ....
a. merambat lurus
b. menembus benda bening
c. dapat dipantulkan
d. dapat dibiaskan

19. Sifat bayangan pada kamera adalah ....
a. tegak diperkecil
b. tegak diperbesar
c. terbalik diperbesar
d. terbalik diperkecil

20. Tanah terbentuk dari batuan yang mengalami proses ....
a. sedimentasi
b. pelapukan
c. pembakaran
d. penggemburan

21. Tanah yang digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah adalah ....
a. tanah humus
b. tanah liat
c. tanah berpasir
d. tanah vulkanik

22. Berdasarkan hasil pemotretan pesawat Apollo pada tanggal 17 Desember 1972, bumi berbentuk ....
a. bulat seperti bola
b. bulat lonjong
c. datar
d. bulat dan pepat di kutubnya

23. Bencana yang terjadi karena daur air terganggu adalah ....
a. kekeringan
b. kebakaran hutan
c. gempa Bumi
d. serangan hama tumbuhan

24. Kegiatan berikut yang bertujuan mencegah banjir adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam padi

25. Faktor yang memengaruhi gaya gravitasi adalah ....
a. bentuk benda                 c. berat benda
b. warna benda                  d. jenis benda

26. Jendela umumnya menggunakan kaca karena kaca merupakan benda yang ....
a. dapat ditembus cahaya
b. memberikan keindahan
c. mudah didapat dan murah harganya
d. mudah dipakai dan tahan lama

27. Baju yang dipakai berwarna merah karena ....
a. benda tersebut menyerap warna merah saja
b. benda tersebut memantulkan semua cahaya
c. semua warna cahaya diserap oleh benda itu
d. benda tersebut hanya memantulkan cahaya merah saja

28. Tanah kebun banyak mengandung ....
a. humus
b. pasir
c. lempung
d. sisa-sisa tumbuhan

29. Alat pengukur gempa adalah ....
a. motor listrik
b. dinamo meter
c. seismograf
d. termometer

30. Kegiatan manusia yang bertujuan untuk mencegah tanah longsor adalah ....
a. membuat tanggul
b. membuang sampah di selokan
c. membakar sampah
d. menanam pohon

H. Isilah titik-titik pada soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Sebelum masuk ke lambung, makanan harus melalui saluran pencernaan, yaitu ....
2. Zat mineral yang dapat membantu pembentukkan tulang adalah ....
3. Kentang merupakan makanan yang banyak mengandung ....
4. Jika pembuluh darah mengalami penyempitan akan mengakibatkan ....
5. Zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis adalah ....
6. Burung pipit merupakan hewan pemakan ....
7. Ketika menebang bambu, harus berhati-hati karena dapat menyebabkan gatal yang diakibatkan oleh ....
8. Padi menyimpan cadangan makanan dalam ....
9. Kayu yang dibakar akan berubah bentuk menjadi ... yang berwarna ....
10. Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak disebut ....
11. Alat pengukur gaya disebut ....
12. Gunting termasuk pesawat sederhana jenis ....
13. Alat optik yang digunakan oleh kapal selam untuk mengamati daerah di permukaan laut adalah ....
14. Warna cokelat pada peta menunjukkan ....
15. Air tidak akan habis karena mengalami ....

I. Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan jelas.
1. Sebutkan organ pernapasan pada manusia.
2. Jelaskan fungsi usus besar dalam proses pencernaan pada manusia.
3. Sebutkan 2 gangguan yang terjadi pada alat peredaran darah manusia.
4. Bagaimana terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan?
5. Jika kamu membakar sampah, perubahan apa saja yang terjadi pada sampah?
6. Pengaruh apa saja yang ditimbulkan oleh gaya yang dilakukan terhadap suatu benda?
7. Apa perbedaan antara pemantulan teratur dan pemantulan baur?
8. Sebutkan 2 sifat yang dimiliki oleh cahaya.
9. Apa manfaat air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan?
10. Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi daur air.


IKLAN

Posting oleh Blogger ke Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah pada 1/17/2012 04:48:00 PM

Produk Cantik Ok Rek

Perhiasan dari Martapura