Masalah KETENAGAKERJAAN di Indonesia

Masalah KETENAGAKERJAAN di Indonesia (disalin dari buku sekolah)


Pertambahan penduduk yang pesat bagaikan dua sisi mata uang, di mana masing-masing sisi berbeda. Di satu sisi pertambahan penduduk membawa dampak positif, karena tersedianya tenaga kerja yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan, sehingga tujuan negara untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur dapat tercapai. Namun di sisi lain, pertambahan penduduk yang pesat tersebut akan berakibat negatif jika tidak diimbangi oleh penyediaan lapangan dan kesempatan kerja yang luas dan memadai. Jika hal tersebut terjadi, sudah bisa dipastikan bahwa jumlah angka pengangguran akan makin meningkat dan pencapaian tujuan negara akan sulit terwujud.


Salah satu fenomena pemberitaan (isi) media massa akhir-akhir ini adalah maraknya pemberitaan mengenai penderitaan yang dialami oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Banyak TKI yang disiksa majikan, dilecehkan, dihukum mati, dideportasi karena ilegal, dan masih banyak berita-berita miring mengenai TKI di luar negeri lainnya.
Di samping itu, berita yang kerap kali menghiasi media massa pascalebaran adalah “penyerbuan” Jakarta dan kota-kota besar lainnya oleh masyarakat pencari kerja dari daerah lain.
Hal di atas merupakan sekelumit permasalahan ketenagakerjaan yang dialami oleh bangsa Indonesia. Lalu apa faktor yang melatarbelakangi munculnya permasalahan-permasalahan tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Produk Cantik Ok Rek

Perhiasan dari Martapura