Hormon pada Manusia

Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu, yaitu suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran. Di kelas IX kamu akan mempelajari hormon sebagai bagian dari sistem koordinasi. Beberapa hormon pertumbuhan pada manusia antara lain sebagai berikut.

a) Hormon tiroksin, dihasilkan oleh kelenjar gondok/ tiroid. Hormon ini memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan hormon ini dapat mengakibatkan mixoedema yaitu kegemukan.

b) Hormon pertumbuhan (Growth hormon - GH) Hormon ini dihasilkan oleh hipofisis bagian depan. Hormon ini disebut juga hormon somatotropin (STH).
Peranannya adalah memengaruhi kecepatan pertumbuhan seseorang. Seorang anak tidak akan tumbuh dengan normal jika kekurangan hormon pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan, kelebihan hormon ini akan mengakibatkan pertumbuhan raksasa (gigantisme), sebaliknya jika kekurangan akan

menyebabkan kerdil (kretinisme). Jika kelebihan hormon terjadi setelah dewasa, akan menyebabkan membesarnya bagian tubuh tertentu, seperti pada hidung atau telinga. Kelainan ini disebut akromegali.

c) Hormon testosteron, mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada pria.

d) Hormon estrogen/progresteron, mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita.

Selengkapnya Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Faktor Dalam (Internal)  yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Masalah KETENAGAKERJAAN di Indonesia

Masalah KETENAGAKERJAAN di Indonesia (disalin dari buku sekolah)


Pertambahan penduduk yang pesat bagaikan dua sisi mata uang, di mana masing-masing sisi berbeda. Di satu sisi pertambahan penduduk membawa dampak positif, karena tersedianya tenaga kerja yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan, sehingga tujuan negara untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur dapat tercapai. Namun di sisi lain, pertambahan penduduk yang pesat tersebut akan berakibat negatif jika tidak diimbangi oleh penyediaan lapangan dan kesempatan kerja yang luas dan memadai. Jika hal tersebut terjadi, sudah bisa dipastikan bahwa jumlah angka pengangguran akan makin meningkat dan pencapaian tujuan negara akan sulit terwujud.


Salah satu fenomena pemberitaan (isi) media massa akhir-akhir ini adalah maraknya pemberitaan mengenai penderitaan yang dialami oleh tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Banyak TKI yang disiksa majikan, dilecehkan, dihukum mati, dideportasi karena ilegal, dan masih banyak berita-berita miring mengenai TKI di luar negeri lainnya.
Di samping itu, berita yang kerap kali menghiasi media massa pascalebaran adalah “penyerbuan” Jakarta dan kota-kota besar lainnya oleh masyarakat pencari kerja dari daerah lain.
Hal di atas merupakan sekelumit permasalahan ketenagakerjaan yang dialami oleh bangsa Indonesia. Lalu apa faktor yang melatarbelakangi munculnya permasalahan-permasalahan tersebut?

Seorang siswa dikatakan kreatif apabila - (dari buku sekolah)

Seorang siswa dikatakan kreatif apabila:
• memiliki inisiatif dan keaslian berpikir
• aktif dan terlibat secara mental maupun fisik
• belajar dari kegagalan
• sering mengajukan pertanyaan yang baik
• memberikan banyak gagasan dan usul-usul terhadap suatu masalah
• mampu menyatakan pendapat secara spontan tanpa malu-malu
• tidak mudah terpengaruh pendapat orang lain
• mampu mengajukan gagasan pendapat yang berbeda dengan orang lain
• berfikir ke depan
• mempunyai kebiasaan belajar sendiri
• bertanggung jawab,
• disiplin


Jika dikaitkan dengan dunia bisnis, kreativitas merupakan salah satu modal utama untuk bisa menjadi wirausahawan yang sukses (walaupun masih banyak beberapa sifat lain yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha). Selain kreatif, seseorang yang memiliki jiwa wirausaha juga harus berani menghadapi resiko. Seorang wirausaha tidak saja berfikir tentang keberhasilan dari usaha yang dikelolanya, tetapi ia juga harus siap jika usaha yang dijalankannya gagal. Oleh karena itu, kewirausahaan pada hakekatnya merupakan kemampuan dalam berfikir dan bertindak kreatif yang dijadikan dasar dan kiat untuk menciptakan nilai tambah barang (nilai jual) yang dilakukan dengan keberanian untuk menghadapi resiko.

Kerajaan Tarumanegara -kerajaan Hindu di Indonesia

Kantong Souvenir 10
Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Jawa. Letaknya di Bogor, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 450 Masehi. Rajanya yang terkenal bernama Purnawarman. Purnawarman memuja Dewa Wisnu, maka ia menganut agama Hindu.
Peninggalan sejarah berupa tujuh prasasti yang ditulis dalam bahasa Sanskerta menggunakan huruf Pallawa, di antaranya Prasasti Ciaruteun (terdapat jejak telapak kaki Purnawarman), Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi, dan Prasasti Lebak. Peninggalan sejarah yang lain adalah irigasi dari Sungai Gomati, arca Wisnu Cibuaya I dan II, dan arca Rajarsi.
Mata pencaharian sebagian besar penduduk adalah sebagai petani, peternak, nelayan, dan pedagang. Raja Purnawarman berhasil membuat saluran air untuk mengairi lahan pertanian dan mencegah banjir.

Baca selengkapnya tentang Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia dan peninggalan sejarahnya




Produk Cantik Ok Rek

Perhiasan dari Martapura